8 Manfaat Mangga Dan Efek Sampingnya !!

May 28, 2019
Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup mudah di temui di Indonesia. Di daerah tempat saya tinggal buah mangga ini biasa di sebut dengan nama "buah". Buah yang banyak di tenui di Indonesia ini sebenarnya berasal dari perbatasan antara India dan Burma. Namun sekarang buah ini bisa di temui di berbagai tempat.



Buah yang memiliki nama latin mangifera indica L. memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia :

Jenis-jenis Buah Mangga

1. Mangga Manalagi
Mangga jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung yang runcing. Berwarna kekuningan dan berbintik coklat ketika masak. Daging buah yang tebal dan rasa yang manis, beraroma harum serta segar adalah ciri khas dari buah ini.

2. Mangga Endog
Seperti namanya, mangga jenis ini memliki bentuk seperti telur namun lebih besar dari telur. Ketika masak buah ini berwarna kunig, daging buah memiliki serat agak kasar dan hanya sedikit mengandung air. Buah jenis ini tidak memiliki aroma harum yang kuat namun rasanya tetap manis.

3. Mangga Arumanis
Jenis mangga ini memiliki rasa manis dan aroma yang cukup harum. Mungkin ini alasan kenapa buah ini memiliki nama arumanis. Buah jenis ini memiliki daging yang tebal dan memiliki sedikit serat dengan warna daging kuning. Di ujung pangkal buahnya terdapat lekukan sehingga cukup mudah membedakannya.

4. Mangga Madu
mangga jenis ini memliki rasa semanis madu. Daging buahnya berwarna kuning dan berwarna kuning tua seperti madu di bagian dalamnya. Ciri khas dari buah ini memiliki rasa yang sangat manis seperti rasa manis madu, memiliki aroma yang cukup harum, sedikit serat dan memiliki kandungan air yang sedikit.

Sebenarnya banyak sekali jenis buah mangga yang ada di Indonesia namun disini saya hanya menuliskan beberapa jenis yang cukup terkenal saja.

Selain rasanya yang lezat tentunya buah ini meiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jika di konsumsi secukupnya. Berikut beberapa manfaat dari mangga.

Manfaat Mangga

1. Pencegahan Kanker

Menurut sebuah penelitian, senyawa antioksidan dan senyawa lain yang terdapat pada buah mangga seperti astragalin, isoquercitrin, quercitin, methygallat dan asam galat serta beberapa enzim yang melimpah mampu mencegah terjadinya pembentukan sel kanker.

2. Melindungi Organ Pencernaan

Beberapa enzim yang terdapat pada mangga mampu memecah lemak dan kandungan serat yang ada pada buah ini sangat baik bagi pencernaan kita. Dengan lancarnya pencernaan maka kesehatan organ pun terjaga.

3. Penurun Berat Badan Alami

kandungan serat yang tinggi pada buah mangga ini selain baik bagi pencernaan, serat sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Lemak yang ada pada dinding usus akan diikat oleh lemak dan di buang. Selain itu kandungan vitamin dan nutrisi yang kaya pada buah mangga ini mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada buah mangga membuat buah ini baik bagi kesehatan mata. seperti yang kita tahu vitamin A memang dikenal baik bagi kesehatan mata.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada pada buah mangga inilah yang membuatnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. dengan rutin konsumsi buah mangga maka kita tidak akan mudah terkena serangan penyakit.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Serat, kalium dan vitamin pada buah mangga mampu mencegah penyakit jantung. Asupan kalium yang meningkat serta penurunan asupan natrium dan pola makan yang baik dapat menghindarkan seseorang terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

7. Menurunkan Kadar kolesterol

Kandungan pektin, serat dan vitamin C yang cukup tinggi pada buah mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat pada tubuh, maka tubuh kita akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar kolesterol jahat.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Nutrisi yang terdapat pada buah mangga ini sangat baik bagi kesehatan kulit. dengan rutin konsumsi mangga dan buah-buahan lainnya maka anda akan mendapatkan kulit yang sehat.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah mangga ini tentunya kita harus konsumsi buah mangga ini secukupnya, tidak berlebihan. Karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah seperti :

Efek Samping Mangga

1. Kalori yang Tinggi

Buah mangga memiliki kadar kalori yang cukup tinngi, jika kalian konsumsi buah mangga ini secara berlebihan maka adapat menambah berat badan Anda, selain itu gula yang cukup tinggi pada buah mangga ini juga dikhawatirkan dapat memicu penyakit seperti diabetes.

2. Menghambat Penyembuhan Kanker

Buah mangga tinggi akan kandungan vitamin C, jika konsumsi berlebihan bukannya mampu mencegah terjadinya kanker, justru ini dapat menghambat penyembuhan kanker jika dikonsumsi secara belebihan.

Konsumsi berlebihan vitamin C juga dapat mengakibatkan : masalah pencernaan seperti diare dan muntah-muntah, dapat membuat tubuh dan otot-otot terasa lemah, insomnia dan dapat membentuk batu ginjal.

Pada akhirnya apapun yang berlebihan itu tidak baik. jadi konsumsilah dengan bijak jangan berlebihan.

No comments:

Powered by Blogger.