16 Cara Mengatasi Perut Kembung Tanpa Minum Obat

July 02, 2019

Semua orang pasti pernah menderita masalah perut kembung. Pada umumnya orang-orang akan menggunakan minyak angin atau minyak kayu putih sebagai cara mengatasi perut kembung tersebut.


Minyak kayu putih memang cukup ampuh untuk mengatasi perut kembung, namun apabila rasa sakit dan melilit tersebut sudah semakin menjadi-jadi, mengkonsumsi obat adalah cara cepat untuk mengobatinya.

Baca Juga: 13 Cara Mengobati Hidung Tersumbat secara Alami Tanpa Obat-obatan

Padahal, banyak sekali cara mengatasi perut kembung secara alami dalam waktu singkat dan terbukti keampuhannya. Untuk lebih jelas, simak penjabaran di bawah ini, yuk!

Penyebab perut kembung

Sebelum membahas cara mengatasi perut kembung lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab perut kembung tersebut.

Secara garis besar, perut kembung terjadi karena adanya kandungan gas berlebih di dalam usus yang menimbulkan rasa tidak nyaman hingga melilit pada bagian perut.

Selain itu, penyebab perut kembung yang lain bisa juga karena adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang kita konsumsi, sehingga merangsang produksi gas secara berlebih di dalam perut.

Pada kondisi yang lebih parah, penyebab perut kembung bisa menjadi gejala adanya indikasi iritasi usus, sembelit, intoleransi laktosa, hingga refluks.

Jika perut kembung telah berlangsung cukup lama dengan rasa nyeri yang semakin hebat, ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui cara mengatasi perut kembung tersebut.

Cara mengatasi perut kembung secara alami 

Sebenarnya, ada beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa dilakukan selain mengkonsumsi obat, yaitu dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami, seperti:

1. Teh jahe dan madu

Teh jahe dan madu
Photo: Pixabay
Kandungan gas dalam perut bisa berkurang apabila kamu mengkonsumsi minuman yang bisa menghangatkan perutmu, salah satunya dengan meminum ramuan teh jahe dan madu.

Cara mengatasi perut kembung dengan teh jahe dan madu adalah, taruh jahe yang sudah dimemarkan ke dalam gelas, lalu campurkan dengan teh panas dan madu.

2. Ramuan jahe, jeruk nipis dan madu

Sama halnya dengan meminum teh jahe, ramuan ini juga berguna sebagai cara mengatasi perut kembung secara alami. Cukup campurkan ketiga bahan ini ke dalam satu gelas air hangat, lalu aduk hingga merata.

3. Susu ditambah kayu manis dan madu

Ramuan yang satu ini tidak hanya berguna meredakan perut yang kembung, namun juga sangat bermanfaat bagi penderita sakit maag atau asam lambung.

Hal ini disebabkan oleh kandungan kayu manis yang efektif menenangkan perut, mencegah produksi gas berlebih, hingga mengurangi sekreasi asam lambung dan pepsin dari dinding lambung.

Cara mengatasi perut kembung dan maag dengan susu, kayu manis, madu adalah dengan mencampurkan seluruh bahan tersebut menjadi secangkir ramuan herbal dan konsumsi selagi hangat.

4. Susu dicampur ketumbar

Tidak enak memang mengkonsumsi ketumbar secara langsung, maka dari itu, sebagai cara mengatasi perut kembung, campurkan 1 sendok teh ketumbar bubuk (telah disangrai) dengan segelas suhu hangat.

5. Teh min 

Teh min akan membuat perutmu menjadi lebih hangat dan nyaman. Selain itu, teh min juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung dan rasa mual yang dirasakan.

Campurkan 4 lembar daun min dalam segelas teh hangat, lalu konsumsi setelah makan malam untuk hasil yang lebih efektif.

6. Pepaya dan nanas

Siapa sangka pepaya dan nanas berguna sebagai cara mengatasi perut kembung? Ternyata, kandungan enzim pada nanas dan papaya mampu memecah makanan dan membuat pencernaan terasa lega.

7. Bawang Putih

Bahan alami yang satu ini memang terkenal ampu sebagai cara mengatasi perut kembung. Pasalnya, kandungan di dalam bawang putih mampu melawan ragi yang tak dibutuhkan di dalam usus.

Kandungan bawang putih juga berguna sebagai detoksifikasi yang membuang zat-zat beracun pada tubuh manusia akibat konsumsi makan dan minuman yang tidak sehat.

Baca Juga: Sebelum Dibuang, Ketahui Dulu 3 Manfaat Teh Basi Ini

Itu tadi bahan-bahan alami yang dapat kamu konsumsi sebagai obat mengatasi perut kembung. Selain itu, ada juga kebiasaan baik yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi perut kembung, di antaranya:

8. Konsumsi air putih yang cukup

Bukannya minum air putih kebanyakan malah bisa menyebabkan kembung ya?

Ya, kalau kebanyakan, maka dari itu konsumsi air putih secara secukup. Sebab, penyebab perut kembuh salah satunya adalah karena makanan dalam perut tidak dapat dicerna dengan baik.

Oleh sebab itu, konsumsi air putih secara teratur itu penting, sebagai cara mengatasi perut kembung, sekaligus menjaga keseimbangan natrium pada tubuh.

9. Hindari minuman manis

Hindari minuman manis


Pasti kamu pernah dong, merasa eneg ketika meminum minuman manis secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan manis (terutama pemanis buatan) dapat menyebabkan kembung di perut.

Jika ingin perutmu terasa lebih lapang dan lega, coba deh cara mengatasi perut kembung yang satu ini.

10. Jangan kunyah permen karet

Ternyata mengunyah permen karet dapat menyebabkan penumpukan gas di dalam perut seseorang, lho.

Penjelasannya karena mengunyah permen karet sama dengan menelan udara, sehingga jika dilakukan terlalu sering akan menyebabkan kembung pada perut.

Apabila perut sudah terasa kembung, jangan lanjutkan mengunyah permen karet ya, hal ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung yang cukup efektif.

11. Jauhi minuman bersoda

Jelas saja, berikut ini merupakan cara mengatasi perut kembung yang pertama kali harus kamu lakukan.

Minuman ringan bersoda memang menyegarkan, namun meminumnya terlalu sering dapat menstimulus produksi gas pada perutmu.

Hal ini disebabkan oleh kandungan fruktosa yang ada pada minuman bersoda, yang notabenenya bahan penghasil gas.

12. Kurangi asupan garam

Garam juga termasuk salah satu bahan yang dapat menyebabkan perut kembung. Maka dari itu, cara mengatasi perut kembuh yang efektif adalah dengan mengurangi asupan garam ke dalam perut.

13. Kurangi minum susu

Kurangi minum susu
Photo: Pixabay
Meski beberapa bahan alami yang dicampurkan dengan susu baik jika digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung, namun mengkonsumsi susu juga harus dibatasi.

Baca Juga: 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Lebih baik, ganti konsumsi susu dengan yoghurt, yang terbukti ampuh dalam melancarkan pencernaan.

14. Kompres air hangat

Cara mengatasi perut kembung ini merupakan metode tradisional yang dilakukan pada zaman dulu. Sederhana sekali, cukup isi botol kaca dengan air panas lalu balut dengan serbet dan tempelkan ke perut. 

15. Olahraga

Zat-zat yang mengendap pada perut bisa menjadi penyebab perut kembung. Oleh karenanya, melakukan olahraga adaah cara mengatasi perut kembung terbaik yang bisa kamu lakukan.

Sebab, gerakan yang kamu lakukan ketika olahraga dapat membakar zat-zat sisa tersebut menjadi keringat dan tenaga.

16. Makan secukupnya

Terlalu banyak makan membuat perut menjadi begah, selain itu, karena terlalu banyak makan kamu menjadi lebih lambat dalam bergerak, sehingga pembakaran pada tubuhmu juga menjadi lebih lama.

Cara mengatasi perut kembung yang bisa saya sarankan terakhir adalah, jangan terlalu rakus dan makanlah makanan secukupnya.

Itu tadi bahan-bahan alami, serta kebiasaan baik yang dapat kamu terapkan sebagai cara mengatasi perut kembung. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat, selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.