11 Cara Mengatasi Sesak Napas secara Mudah dan Cepat

July 03, 2019

Apakah kamu sering mengalami sesak nafas? Jangan acuhkan hal tersebut ya. Sebab, selayaknya rasa sakit, sesak napas merupakan pertanda bagi gejala penyakit lain, yang mungkin bahkan lebih berat.


Diperlukan pengetahuan mengenai cara mengatasi sesak napas secara mudah dan cepat sebagai pertolongan pertama, sekaligus mengurangi efek samping dari rasa sesak tersebut.

Sebenarnya, banyak sekali cara mengatasi sesak napas secara mudah yang dapat kita lakukan, mulai dari melakukan Teknik pernapasan, gerakan sederhana, sampai mengkonsumsi cairan.

Simak Juga: 16 Cara Mengatasi Perut Kembung Tanpa Minum Obat

Akan tetapi, perlu diingat, beberapa cara yang saya sebutkan di bawah ini tidak bersifat mengobati, lho. Jika dadamu terasa sesak, ada baiknya kamu langsung ke dokter dan mengkonsultasikan hal tersebut.

Jika sudah mengerti, yuk langsung saja kita lihat cara mengatasi sesak napas secara mudah dan cepat di bawah ini.

1. Batuk yang kencang

Batuk yang kencang
Photo: Freepik
Cara mengatasi sesak napas yang pertama adalah dengan batuk yang kencang. Namun, bukan berarti kamu batuk hingga tenggorokanmu terasa sakit ya, lebih agar melonggarkan rongga paru-paru yang sesak.

Terlebih jika terdapat lendir di dalam tenggorokan atau di sekitar paru-parumu, metode berikut ini digadang-gadang bisa membuat saluran pernapasan menjadi lancar.

2. Lakukan pernapasan diafragma

Bila napas terasa sesak, melakukan metode pernapasan diafragma merupakan cara mengatasi sesak napas yang cukup efektif.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah duduk di kursi, lalu rilekskan lutut, bahu, kepala, dan lehermu. Letakkan satu tangan di depan perut dan satunya lagi di depan dada.

Bernapaslah secara perlahan melalui hidung, dan rasakan perutmu bergerak naik turun akibat gerakan pernapasan tersebut. Jangan lupa, saat menghembuskan napas, kencangkan otot perutmu.

Buang napas secara perlahan melalui mulut dengan bibir mengerucut, namun beri penekanan lebih pada embusan napas. Embuskan napasmu lebih lama dari biasanya sebelum menghirup napas lagi.

3. lakukan teknik pursed-lip breathing

lakukan teknik pursed-lip breathing
Photo: pulmonaryfibrosisnews.com
Teknik pursed-lip breathing sering kali diaplikasikan kepada penderita sesak napas karena efeknya dirasa cukup efektif untuk melegakan pernapasan.

Cara mengatasi sesak napas dengan pursed-lip breathing ialah dengan merelaksasikan otot leher dan bahu, lalu bernapaslah dalam keadaan mulut tertutup.

Ambil napas secara perlahan melalui hidung dalam dua hitungan, kemudian buanglah napas secara perlahan melalui celah bibir atau mulut hingga hitungan keempat.

4. Teknik duduk dengan badan condong ke depan

Selain teknik pursed-lip breathing, ada lagi cara mengatasi sesak napas yang dapat kamu lakukan secara mudah dan cepat, yaitu dengan duduk dan mencondongkan badan ke depan.

Caranya kira-kira seperti ini, duduklah di kursi dengan telapak kaki menapak ke lantai sembari condongkan dada sedikit ke depan.

Simak Juga: 13 Cara Mengobati Hidung Tersumbat secara Alami Tanpa Obat-obatan

Perlahan letakkan siku di lutut, seperti menahan dagu dengan siku yang bertumpu pada lutut dan tetap usahakan agar otot leher dan bahumu agar tetap rileks.

Jika tidak, kamu dapat melakukan posisi ini dengan bertumpu pada meja, dengan mengistirahatkan lengan dan kepalamu ke atas permukaan meja. Namun, jangan gunakan bantal sebagai penyangga kepala ya.

5. Membaringkan badan

Membaringkan badan
Photo: Freepik
Teknik lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan membaringkan badan dalam posisi miring dengan satu bantal diletakkan di antara kedua kaki dan satu bantal lagi digunakan sebagai penumpu kepala.

Ketika melakukan teknik ini, usahakan agar badanmu tetap lurus ya. Jika tidak, kamu bisa melakukan metode berbaring telentang dengan kepala ditinggikan menggunakan bantal serta lutut ditekuk.

Ketika menekuk lutut, jangan lupa untuk meletakkan bantal di bawah lututmu ya. Kedua cara mengatasi sesak napas tersebut terbukti dapat membantu pernapasan jadi lebih tenang dan lega.

6. Berdiri sambil bersandar ke dinding

Bukan cuma berbaring, posisi berdiri pun dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi sesak napas. Berdiri dan bersandarlah pada dinding dengan menempelkan pinggul ke dinding.

Pastikan agar kakimu tebuka selebar bahu dan tangan tempatkan berada di samping kedua paha. Cobalah untuk bersantai dan codongkan badan sedikit ke depan.

Selain itu, kamu juga bisa berdiri sembari telapak tangan bertumpu pada meja sambil merilekskan leher dan bahumu.

7. Berjalan lambat sambil bernapas pelan

Berjalan lambat sambil bernapas pelan
Photo: Pixabay
Cara mengatasi sesak napas berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan berjalan lambat sembari menarik napas secara perlahan.

Cara yang satu ini akan membantumu mendapatkan fungsi otot diafragma dan mengembalikan fungsi paru-paru kembali optimal.

8. Legakan dengan kipas angin

Terdengar aneh memang, namun kenyataannya beberapa studi menyebutkan bahwa udara sejuk kipas angin dapat digunakan sebagai cara mengatasi sesak napas.

Posisikan badan di depan kipas angin yang sedang menyala, lalu bernapaslah seperti biasa. Akan tetapi, pastikan dulu kipas anginmu bersih ya, agar kamu tidak menghirup debu atau kotoran dari kipas tersebut.

9. Meminum kopi

Meminum kopi
Photo: Pixabay
Siapa bilang kafein yang terkandung dalam kopi hanya bermanfaat untuk menyegarkan dan menahan rasa kantuk? Kafein ternyata juga berguna sebagai cara mengatasi sesak napas, lho.

Pasalnya, kafein dapat membuat otot-otot di saluran pernapasanmu menjadi lebih rileks, sehingga dapat memperbaiki fungsi paru sampai empat jam ke depan.

10. Kontrol tingkat stres

Jangan main-main dengan stres, selain tidak baik bagi kesehatan mentalmu, stres juga bisa menjadi penyebab terjadinya sesak napas.

Enggak percaya? Tekanan stres terbukti dapat membuat kapasitas paru-paru tidak bekerja dengan semestinya, sehingga membuat pasokan oksigen dalam paru-paru ke tubuh berkurang.

Simak Juga: Selain untuk Pencernaan, Ini 13 Khasiat Buah Pepaya

Cobalah untuk mengontrol tingkat stresmu, jangan terlalu banyak pikiran, dan selalu berpikir positif merupakan cara mengatasi sesak napas terbaik yang dapat kamu lakukan.

11. Mulailah pola hidup sehat dan berhenti merokok

Mulailah pola hidup sehat dan berhenti merokok
Photo: Pixabay
Sudah menderita sesak napas, kamu masih merokok? Wah, itu sama saja artinya kamu memperburuk keadaanmu sendiri.

Polusi udara yang disebabkan oleh asap rokok akan memenuhi paru-parumu, sehingga membuatmu sesak. Selain itu, kandungan yang terdapat pada rokok terbukti sangat merusak paru-paru.

Maka dari itu, mulailah pola hidup sehat dengan berhenti merokok dan memperbanyak berolahraga. Selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh, olahraga juga dapat menyegarkan paru-parumu.

Menjaga pola makan sehat juga sangat dianjurkan, apalagi jika ditambah dengan istirahat yang cukup, dijamin gangguan sesak napasmu akan sembuh secara total.

Itu tadi 11 cara mengatasi sesak napas secara mudah dan cepat yang dapat kamu aplikasikan. Ingat ya, jika kondisi sesak napasmu semakin parah, ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter.

Agar dokter dapat memutuskan tindakan medis apa yang harus diambil untuk mengobati sesak napasmu tersebut.

No comments:

Powered by Blogger.