Dari Kesehatan Hingga Kecantikan, Ketahui 11 Manfaat Buah Naga Merah

July 16, 2019
Berasal dari Meksiko, buah naga juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, termasuk Indonesia.  Dibawa pertama kali ke Asia tepatnya ke Vietnam oleh orang Perancis. Meski awalnya sebagai tanaman hias, di negara ini buah naga dianggap membawa berkah.

Bahkan diletakkan di antara dua ekor patung naga di atas meja altar, yang kemudian membuatnya dikenal sebagai Thang Loy alias Buah Naga.


Meski bersifat sangat adaptif, di Indonesia budidaya buah naga belum merata, baru ada di beberapa daerah antara lain Mojokerto, Malang, Banyuwangi, Bandung hingga Batam. Yang menarik, buah naga ini memiliki warna buah yang beragam seperti merah dan kuning, sementara untuk daging buahnya ada yang putih dan yang paling banyak ditemui serta populer adalah warna merah.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Sesak Napas secara Mudah dan Cepat

Secara fisik keduanya hampir mirip. Namun tekstur daging buah naga merah lebih berair dibanding yang putih. Selain itu rasa buah naga merah juga lebih manis.  Selain warna yang beragam, khasiat buah naga juga bermacam-macam. Bahkan karena memiliki khasiat yang sangat baik, dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

Dimana kandungan baik yang ada di dalamnya antara lain ada gula, air, karbohidrat, asam, protein, serat, kalsium, magnesium, Vitamin C, B1, B2 dan B3.
Dan berikut adalah deretan manfaat buah naga merah bagi tubuh:

Untuk kesehatan

1. Melancarkan pencernaan

Karena kandungan serat yang tinggi, mengonsumsi buah naga merah bisa membuat pencernaan Anda lancar sehingga usus pun jadi sehat.  Dengan lancarnya pencernaan, pada akhirnya bisa membuat racun dalam tubuh mudah keluar, bahkan berat badan pun bisa turun lebih cepat.

Jadi, bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan, kandungan protein yang tinggi, serta lemak dan karbohidrat yang rendah membuat buah naga merah bisa jadi pilihan camilan yang tepat lho... Sehingga Anda bisa kenyang memakan buah ini, tanpa perlu khawatir akan bertambah gemuk.

2. Menurunkan kolesterol

Menurunkan kolesterol

Manfaat buah naga merah satu ini disebabkan karena adanya kandungan Vitamin B3 yang memang dikenal baik untuk menurunkan kadar kolesterol.  Sehingga jika dikonsumsi secara rutin, buah naga bisa mencegah penyakit yang disebabkan tingginya kadar kolesterol seperti stroke dan jantung koroner. 

Baca Juga: 16 Cara Mengatasi Perut Kembung Tanpa Minum Obat

Lalu ada pula kandungan lycopene yang membantu dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung. Hal ini juga karena biji buah naga memiliki lemak omega 3 dan omega 6 yang bisa membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

3. Mengatasi diabetes

Tak hanya bagi penderita kolesterol tinggi, manfaat buah naga merah dapat dirasakan juga oleh penderita diabetes.  Meski rasanya lebih manis dibanding buah naga putih, tapi kadar gulanya tidak setinggi itu. Sehingga bukan sesuatu yang berbahaya atau bisa berakibat buruk pada penderita diabetes.

Antikoksidan dalam buah naga adalah yang paling berperan dalam mencegah diabetes dengn membunuh sel jahat yang muncul akibat konsumsi makanan tak sehat.

4. Menangkal radikal bebas dan mencegah kanker
Dengan antioksidan yang tinggi, buah naga bisa melindungi kita dari radikal bebas. Warna merah pada buah naga merah merupakan kandungan fitokimia, yang baik untuk melawan radikal bebas, ditambah kandungan lycopene yang ampuh menurunkan resiko kanker prostat.

Kandungan lain seperti serat, kalsium, fosfor dan vitamin C serta B2 juga ikut membantu dalam mengeluarkan racun logam dari tubuh yang berpotensi memicu kanker. Untuk kecantikan

5. Mencegah penuaan dini


Mencegah penuaan dini

Pengaruh radikal bebas selain pada kesehatan, juga bisa terlihat pada kondisi kulit, seperti muncul keriput dan terlihat kusam. Nah, zat antioksidan, Vitamin E dan betakaroten dalam buah naga berfungsi meregenerasi sel kulit yang rusak dan meningkatkan pertahanan sel kulit agar kuat dan kencang.

Untuk merasakan manfaat buah naga merah yang satu ini, selain dikonsumsi secara rutin, buah naga juga bisa dijadikan bahan masker alami.

6. Mengobati jerawat

Masalah kulit yang paling umum dialami adalah jerawat.  Tenang saja, karena salah satu manfaat buah naga merah adalah mengatasi jerawat berkat kandungan Vitamin C-nya. Bahkan tak hanya jerawat, tapi juga bisa menghilangkan noda bekas jerawat.
Caranya tinggal haluskan buah naga, lalu oleskan pada area wajah yang berjerawat, dan tunggulah hingga kering, setelah itu bilas wajah hingga bersih.

7. Menghaluskan dan melembabkan kulit

Selain mengatasi jerawat, kandungan Vitamin C di buah naga, bersama dengan Vitamin E dan B3 serta asam folat yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati, bermanfaat pula untuk menjaga kelembapan sekaligus menghaluskan kulit wajah yang kasar. 

8. Menguatkan gigi dan tulang janin

Memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi, manfaat buah naga merah juga bisa dirasakan oleh ibu hamil.  Kandungan keduanya bisa membuat tulang serta gigi janin lebih kuat.

Jadi kelak, gigi anak tidak akan mudah berlubang, keropos dan sebagainya. Begitu pun dengan kondisi tulangnya.  Oya, kadar kalsium dan magnesium yang tinggi seperti ini juga ikut berperan dalam melawan osteoporosis pada wanita pascamenopause lho…

9. Mencegah anemia

Kandungan buah naga merah yang lain dan bermanfaat bagi ibu hamil adalah zat besi, vitamin B dan folat.  Dalam sebuah studi ditunjukkan bahwa zat besi membantu mencegah kekurangan hemoglobin dan mencegah terjadinya anemia. 

Kandungan buah naga ini juga membantu memproduksi sel darah merah sekaligus proses oksigenasi (pemenuhan akan kebutuhan oksigen) dari organ-organ vital. 

Baca Juga: 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Lalu juga bisa mencegah tingginya kadar gula darah serta tekanan darah yang bisa membuat ibu hamil mengalam preeklamsia, dan akhirnya menbahayakan keselamatan baik sang ibu maupun janinnya.

Jadi salah satu manfaat buah naga merah di sini adalah dapat menghindari komplikasi kehamilan ya…

10. Meningkatkan energi dan menambah kekebalan tubuh

Selama masa kehamilan, ibu harus berbagi nutrisi dengan janin, sehingga membutuhkan energi ekstra dalam berkegiatan sehari-hari. Kandungan karbohidrat yang ada di buah naga merah berperan dalam menyediakan sumber energi alami. 

Dan selain karbohidrat, juga ada Vitamin B dan folat dalam buah naga yang juga berfungsi dalam meningkatkan energi, termasuk mencegah terjadinya cacat pada janin.

Untuk fungsi kekebalan tubuh, buah naga merah memiliki kandungan Vitamin C yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Sehingga sang ibu tidak rentan terserang berbagai macam penyakit selama kehamilan.

Tak tanggung-tanggung, dalam satu buah naga merah utuh bahkan diperkirakan terkandung vitamin C sekitar 1000 - 3000 miligram. Jadi jika Anda ingin asupan Vitamin C yang banyak terutama jika sedang sakit seperti flu, konsumsi saja buah naga ya…

11. Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada kandungan asam folat dalam buah naga. Ini sangat membantu dalam memperkuat janin, bahkan bisa mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

Manfaat buah naga merah bahkan juga baik dalam membantu perkembangan janin, sehingga sang bayi bisa lahir dalam keadaan normal dan sehat.

Vitamin B dan Vitamin C-nya bisa membantu menjaga membran sel tetap sehat, mencegah terjadinya gangguan kognitif sekaligus menjaga fungsi otak.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, konsumsi buah naga merah sekarang!


No comments:

Powered by Blogger.