Tinggi Antioksidan, Ini 7 Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan

July 16, 2019
Tanaman yang mengandung banyak air dengan kadar mencapai 90% ini memiliki nutrisi yang lengkap, mulai dari protein, sodium, vitamin A, B1 dan B2 serta asam nikotinat.

Identik dengan orang tua, penggunaan daun sirih sebenarnya bisa memberikan manfaat terutama bagi kesehatan untuk berbagai kalangan usia. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasan berikut…

1. Manfaat rebusan daun sirih untuk penderita diabetes

Khususnya bagi penderita diabetes tipe 2, perlu mencoba daun sirih dalam pengobatannya.
Hal ini karena kandungan tinggi antioksidan dalam daun sirih yang bisa mengurangi stres oksidatif, perusak sel-sel tubuh dan menyebabkan hormon insulin tidak seimbang.

Baca Juga: Dari Kesehatan Hingga Kecantikan, Ketahui 11 Manfaat Buah Naga Merah

Menariknya lagi, dalam kasus ini, daun sirih relatif tidak memiliki efek samping yang berarti.
Namun bagi yang sedang menjalani pengobatan dengan dokter, mengonsumsi daun sirih, baik dalam bentuk air rebusan maupun bubuk daun sirih yang sudah dikeringkan, bisa dijadikan sebagai pengobatan pendamping. 

Dan untuk memastikan bahwa konsumsi daun sirih tidak bentrok dengan kandungan obat yang diberikan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya…

2. Manfaat rebusan daun sirih untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Masih terkait kandungan antioksidannya, daun sirih juga bisa menurunkan kadar tigliserida dan lemak jahat (kolesterol LDL) dalam tubuh dan sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Memiliki kandungan kolesterol dan trigliserida tinggi bisa saja memicu penyakit lebih berbahaya, mulai dari gangguan jantung, hipertensi hingga stroke.

Untuk mengatasi kolesterol dan tekanan darah tinggi, Anda bisa meminum rebusan daun sirih dua kali sehari ya...

3. Manfaat rebusan daun sirih dalam menyembuhkan luka bakar


Manfaat rebusan daun sirih dalam menyembuhkan luka bakar
Photo: vemale.com
Lagi-lagi antioksidan yang mengatasi stres oksidatif dalam daun sirih yang berperan dalam hal ini, yakni membantu prose penyembuhan luka (termasuk luka bakar) secara lebih cepat. Selain itu, ada kandungan kavikol yang memiliki kemampuan antiseptik dan mampu memberikan perlindungan lebih dari infeksi kuman.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa antiseptik yang berasal dari daun sirih lebih baik dibanding sabun non-antiseptik.  Dan biasanya untuk mendapatkan khasiat satu ini, seringkali air rebusan daun sirih digunakan sebagai obat kumur, hingga juga membersihkan bagian tubuh yang lain, termasuk organ intim pada wanita.

Mungkin banyak yang sudah tahu ya, kini tak sedikit produk pembersih kewanitaan yang dibuat dari daun sirih. Tapi karena bisa digunakan sebagai antiseptik, bukan berarti bisa digunakan begitu saja, apalagi tanpa pengetahuan yang cukup.

Salah satu yang perlu diwaspadai adalah penggunaan rebusan daun sirih untuk membersihkan mata. Perlu ektstra hati-hati dalam pemrosesannya, karena bisa-bisa ini akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata.

Lagipula sebenarnya mata telah dilapisi air mata yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme, memberi nutrisi pada kornea dan melindungi korena dari benda asing, sehingga tidak terlalu membutuhkan cairan pembersih tambahan.

4. Manfaat rebusan daun sirih dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi

Fungsi antiseptik pada air rebusan daun sirih juga bisa dirasakan untuk kesehatan mulut dan gigi yang notabene rentan pertumbuhan bakteri, terutama karena dibawa oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Dengan berkumur menggunakan rebusan daun sirih, pertumbuhan bakteri di mulut bisa diatasi.
Bahkan air rebusan ini juga dinilai ampuh dalam menghilangkan bau mulut yang umumnya disebabkan oleh makanan.

Lebih jauh, bahkan daun sirih juga diduga bisa mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Mudah dan Alami

Karena itu pula kita bisa lihat beberapa orang tua yang punya kebiasaan mengunyah daun sirih memilliki gigi yang kuat dan terbebas dari penyakit gusi. 

Hal ini memang sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi, dan minyak atsiri, flavonoid, alkanoid serta senyawa fenolik yang dipercaya punya peran dalam hal ini.

Namun tetap waspada ya, karena dalam penelitian lainnya disebutkan bahwa terlalu sering mengunyah sirih bersama biji pinang, kapur dan tembakau juga beresiko tinggi memicu kanker mulut dan tenggorokan lho…

5. Manfaat rebusan daun sirih untuk mengatasi mimisan



Manfaat rebusan daun sirih untuk mengatasi mimisan
Photo: deherba.com
Sebelumnya disebutkan bahwa air rebusan daun sirih bisa menyembuhkan luka. Dan dalam mengatasi mimisan cara kerjanya kurang lebih sama.

Kandungan antioksidan tannin dalam daun sirih berguna untuk mempercepat penyembuhan luka yakni dengan membekukan darah dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

Dan karena daun sirih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka luka atau peradangan bisa sembuh lebih cepat

6. Manfaat rebusan daun sirih dalam menjaga saluran pencernaan

Manfaat rebusan daun sirih dalam menjaga saluran pencernaan

Daun sirih diketahui dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna dan mencegah luka pada dinding usus serta lambung.

Selain itu daun sirih sangat efektif dalam mengurangi nyeri pada lambung, meredakan gejala GERD (kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan), termasuk bisa melindungi usus dari racun. 

Manfaat daun sirih lainnya bisa menormalkan tingkat pH lambung jadi bisa meredakan gangguan maag, hingga rasa sakit karena kembung.

Dan terkait pencernaan, daun sirih berperan pula dalam meningkatkan kinerja pencernaan menjadi lebih baik khususnya saat membuang kotoran dalam tubuh, sehingga bisa membuat Anda terhindar dari sembelit. 

Tak hanya membuang kotoran, daun sirih sekaligus bisa merangsang usus untuk menyerap secara maksimal nutrisi dan mineral penting yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Dan ketika perut Anda terasa tidak nyaman karena berbagai faktor, Anda pun bisa mengandalkan air rebusan daun sirih untuk membuat perut terasa lebih nyaman. Atau bisa pula memanfaatkan minyak daun sirih yang digunakan dengan cara dioleskan ke area perut.

7. Manfaat rebusan daun sirih dalam menyembuhkan batuk

Ini salah satu manfaat daun sirih yang cukup populer juga. Rebusan daun sirih, khususnya sirih merah dipercaya mampu meringankan batuk karena adanya kandungan vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan yang jadi penyebab batuk dan gatal pada tenggorokan.

Karena tinggi kandungan antioksidan, daun sirih juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Sehingga tak heran ada banyak obat-obatan yang dijual di pasaran menggunakan bahan alami dari daun sirih, karena dinilai berkhasiat mengatasi demam hingga sakit tenggorokan.

Baca Juga: 7 Rahasia Manfaat Minum Air Putih Untuk Tubuh

Walaupun batuk dan radang atau gatal pada tenggorokan bukan penyakit berbahaya, tapi tentu saja akan tetap mengganggu jika tidak segera diobati… Nah, di sini Anda dapat merasakan manfaat rebusan daun sirih. Tapi gunakan ini hanya saat Anda merasakan sakit tenggorokan saja ya… 

Air rebusan dari daun sirih dapat melegakan dan menghilangkan gejala sakit tenggorokan, seperti rasa perih saat menelan dan sulit bicara.

Itulah beberapa manfaat rebusan daun sirih. Namun, ada beberapa khasiat daun sirih yang tetap perlu penelitian lebih lanjut. Jadi sebelum Anda mencoba rebusan daun sirih untuk pengobatan, sebaiknya lakukan konsultasi lebih dulu ya…

Selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.