Cara Menipiskan Bibir Tanpa Perlu Melakukan Operasi

June 23, 2019
Meski filler bibir tengah tren dewasa ini, tapi masih banyak wanita merasa risih memiliki bentuk bibir tebal. Berbagai cara menipiskan bibir lantas dilakukan demi mendapatkan bentuk bibir yang diidamkan.

Definisi cantik bagi setiap orang memang berbeda-beda, ada yang lebih suka memiliki bentuk bibir yang penuh karena dianggap lebih seksi dan terlihat dewasa.

Akan tetapi, ada juga wanita yang lebih menginginkan bentuk bibir tipis yang akan membuat wajah terlihat lebih muda dan menggemaskan.

Pada dasarnya, operasi adalah cara menipiskan bibir secara permanen, namun biaya operasi yang mahal, serta ancaman risiko yang diterima, membuat banyak wanita berpikir ulang untuk melakukan hal tersebut.

Lantas, adakah cara menipiskan bibir secara aman tanpa perlu melakukan operasi? Jawabannya, ada. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya, girls!

1. Melakukan senam bibir


Melakukan senam bibir


Cara menipiskan bibir pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin melakukan senam bibir. Ya, bukan cuma badan saja, bibir pun membutuhkan olahraga.

Salah satu gerakan bibir yang paling populer adalah lion’s breath. Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot-otot bibir yang percaya ampuh dalam merubah bentuk bibir dower menjadi lebih tipis.

Kamu cukup membuka mulut selebar-lebarnya, layaknya singa yang sedang mengaum, kemudian tutup kembali secara perlahan.

2. Memanfaatkan dinginnya es batu

Es batu memang sering digunakan sebagai pereda pembengkakan pada areal tubuh. Lebih dari itu, ternyata es batu juga ampuh sebagai cara menipiskan bibir, lho. 

Sifatnya sama seperti meredakan pembengkakan akibat terkena benda tumpul, dengan mengompres bibir menggunakan es batu, volume bibir yang tebal secara berangsur bisa jadi lebih tipis. 

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Wajib Anda Tahu

Hal ini disebabkan oleh suhu dingin pada es batu, yang mampu merilekskan otot-otot pada areal bibir. Oleh karenanya, melakukan metode ini secara rutin dipercaya efektif memperkecil volume bibir.

3. Menggunakan lip scrub

Menggunakan lip scrub
Photo: atacora.com

Cara menipiskan bibir dengan menggunakan lip scrub agaknya menjadi cara yang paling banyak dilakukan oleh para wanita saat ini. Lip scrub atau menggosok bibir memang terbukti ampuh dalam mengecilkan bibir. Pasalnya, metode menggosok bibir dapat mengikis sel kulit mati yang menumpuk pada areal bibirmu.

Penumpukan sel kulit mati merupakan salah satu hal yang membuat volume bibirmu terkesan lebih tebal, dengan melakukan metode ini, bibirmu tidak hanya terlihat lebih tipis namun juga lebih segar dan sehat.

4. Membuat lip scrub alami

Selain menggunakan produk lip scrub yang banyak dijual di pasaran, kamu juga bisa kok membuatnya dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu. Caranya dengan menggunakan gula pasir yang dicampurkan dengan perasaan lemon. Akan tetapi, jangan tunggu sampai gula larut ya, langsung aja aplikasikan adonan tersebut pada bibirmu 

Lakukan cara menipiskan bibir ini setiap pagi dan sebelum tidur, maka dalam waktu 5-7 hari bibirmu akan tampak lebih tipis dan juga lebih segar.

5. Hilangkan kebiasaan menggigit bibir

Photo: Freepik
Untuk poin yang satu ini, saya rasa lebih kepada tips ya, sebab tidak ada studi ilmiah yang menyatakan kebiasaan menggigit bibir dapat menyebabkan bibir menjadi tebal.

Namum, kebiasaan menggigit bibir dapat meningkatkan risiko melukai bibirmu sendiri. Selain itu, terlalu sering menggigit bibir membuat bibirmu menjadi kering, pecah-pecah, sampai dengan menghitam.

Sebagai gantinya, coba deh biasakan untuk mengemut permen. Saya rasa hal tersebut efektif sebagai cara menipiskan bibir dan mengurangi kebiasaan menggigit bibirmu.

6. Kurangi konsumsi makanan pedas

Kebiasaan lain yang harus kamu hindari sebagai upaya dalam mengecilkan bibir adalah konsumsi makanan pedas secara berlebihan. 

Selain buruk untuk kesehatan usus dan lambungmu, kebiasaan memakan makanan pedas juga dapat membuat bibir terlihat lebih tebal atau dower.

Efek terbakar yang ditimbulkan dari makanan pedas akan membuat bibir mengalami pembengkakan. Oleh sebab itu, mengurangi konsumsi makanan pedas merupakan cara menipiskan bibir yang cukup tepat.

7. Menggunakan lip concealer

Menggunakan lip concealer

Kamu tentu enggak asing lagi dong, dengan produk kecantikan yang satu ini? Ya, lip concealer sendiri merupakan produk kecantikan wajah yang biasa digunakan wanita ketika melakukan make-up.

Sebagai “pengoreksi kekurangan” pada wajah, concealer juga berguna sebagai cara menipiskan bibir secara temporer. Pasalnya, penggunaan lip concealer hanya akan memanipulasi bentuk bibirmu supaya terlihat kecil. Meski begitu, cara cepat ini dapat kamu gunakan ketika ber-make-up dalam situasi mendadak.

8. Cermat dalam memilih lipstik  

Serupa dengan lip concealer, cara menipiskan bibir yang satu ini juga lebih kepada tips dalam pengaplikasian make-up agar bibir terlihat lebih kecil. Pasalnya, salah dalam memilih lipstik malah akan membuat bentuk bibirmu terlihat lebih tebal dan besar.  

Pilihlah lisptik berwarna natural, sebab warna yang terlalu bold memberikan kesan lebih tebal pada bibir. Jika perlu, gunakan gaya make-up ombre lip atau gradient lip yang sedang tren saat ini, untuk menciptakan ilusi make-up yang membuat bibirmu tampak lebih tipis.

9. Bingkai bibir dengan lip liner

Bingkai bibir dengan lip liner


Lip liner memang biasa digunakan sebagai penegas garis bibir, sehingga membuat bibir terlihat lebih tebal.

Akan tetapi, banyak yang tidak mengetahui bahwa lip liner juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menipiskan bibir, serta membuat ilusi make-up agar bibir terkesan lebih kecil.

Gambarlah garis di dalam permukaan bibirmu atau di atas garis bibir, kemudian pulaskan garisnya mengikuti alur alami bibir agar garis yang kamu buat terlihat alami.

10. Gunakan lip butter 

Produk perawatan bibir ini sering kali disamaratakan manfaat dan kandungannya dengan produk lip balm. Padahal, keduanya jelas memiliki manfaat dan kandungan yang berbeda. Lip butter sendiri memiliki tekstur yang lebih creamy jika dibandingkan lip balm. Selain itu, lip butter tidak mengandung SPF, tetapi lebih intensif dan konsisten dalam melembutkan bibir. 

Baca Juga: Wajib Tahu !! Berikut Tips Menjaga Kesehatan Hati Kita

Menggunakan lip butter sebagai cara menipiskan bibir pada dasarnya sama seperti memperbaiki bibir kering, pecah-pecah, dan merontokkan sel kulit mati yang membuat bibir terlihat lebih tebal.

11. Murah senyum



Cara menipiskan bibir tanpa perlu operasi yang terakhir adalah dengan banyak tersenyum. Cukup klise memang, namun dengan banyak tersenyum otot bibirmu menjadi lebih aktif dan jadi mengecil.

Gerakan senyum ini tak ubahnya seperti melakukan senam bibir sebelumnya. Selain memperkecil bibir, murah senyum membuatmu terlihat lebih friendly dan mendapat pahala juga! Hehe.
Tunggu apalagi? Cobain yuk, cara-cara yang telah disebutkan di atas.

No comments:

Powered by Blogger.