13 Cara Mengobati Hidung Tersumbat secara Alami Tanpa Obat-obatan

July 02, 2019

Gangguan hidung tersumbat memang sangat mengganggu aktivitas, selain menimbulkan rasa tidak nyaman, hidung tersembut membuat kita jadi susah bernafas, hingga terasa sesak dan cepat lelah.

Mengkonsumsi obat-obatan mungkin merupakan cara cepat mengatasi hidung tersumbat, namun terlalu sering mengkonsumsi obat dapat menyebabkan ketergantungan dan berbahaya bagi tubuh manusia.

Oleh sebab itu, wajib bagi kita untuk mengetahui cara mengobati hidung tersumbat secara alami tanpa mengkonsumsi obat-obatan.


Bagaimanakah caranya? Berikut penjabaran lengkapnya.

1. Banyak konsumsi air putih

Seperti yang kita ketahui bersama, kandungan minarel pada air putih memang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Kekurangan cairan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, termasuk hidung tersumbat.

Baca Juga: Fakta dan Mitos Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Anak, Perlukah?

Mengkonsumsi air putih dapat dijadikan obat mengobati hidung tersumbat karena ampuh mengencerkan lendir, serta mencegah sinus tersumbat.

Terlebih, banyak mengkonsumsi air putih akan membuat tenggorokanmu senantiasa lembap.

2. Minum minuman hangat

Minum minuman hangat
Photo: Freepik
Selain mengkonsumsi air putih, minum minuman hangat seperti teh, jahe hangat, teh min, dan sebagainya juga dapat dijadikan sebagai cara mengobati hidung tersumbat.

Hal ini dikarenakan, minuman hangat ampuh membuat lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga membuat cairan keluar dengan mudah.

Selain itu, varian minuman hangat di atas juga mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk melegakan pernapasan.

3. Lakukan sauna wajah

Sama halnya dengan minum minuman hangat, melakukan sauna wajah dapat dijadikan sebagai cara mengobati hidung tersumbat karena ampuh melegakan rongga pernapasan.

Pasalnya, uap air panas yang kita hirup nantinya akan mengencerkan lendir yang mengendap pada hidung.

Cara melakukan penguapan pada hidung cukup simple, cukup rebus air semangkuk hingga mendidih, dan gantungkan handuk di atas kepala hingga terbentuk seperti tirai yang menutupi bagian kepala.

Condohkan wajah ke mangkuk air panas, lalu hirup uang air tersebut hingga hidungmu terasa lebih lega.

 4. Mengonsumsi bawang putih

Mengonsumsi bawang putih
Photo: Freepik
Mengunyah secara langsung satu suing bawang putih mungkin terdengar menjijikkan. Namun percayalah, bawah cara mengobati hidung tersumbat ini akan sangat ampuh jika kamu lakukan.

Hal ini disebabkan, kandungan yang terdapat dalam bawang putih berperan aktif sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab hidung tersumbat.

5. Campurkan air hangat dengan minyak kayu putih

Cara mengobati hidung tersumbar yang satu ini sama kok dengan cara menghirup uap air panas sebelumnya. Hanya saja, kali ini campurkan air tersebut dengan minyak kayu putih.

Sejak dulu, minyak kayu putih terkenal ampuh untuk mengobati masuk angin dan juga hidung tersumbar. Dengan menghirup uap minyak kayu putih, dijamin pernapasanmu akan terasa lebih lega dan segar.

6. Makan makanan pedas

Makan makanan pedas

Mana nih para pencinta kuliner pedas? Hasrat makan makanan pedasmu tersebut bisa kamu jadikan sebagai cara mengobati hidung tersumbat, lho.

Dengan makan makanan yang pedas, suhu badanmu akan meningkat hingga membuat lendir dalam hidung menjadi lebih encer dan keluar dengan sendirinya.

7. Mengompres hidung

Mirip seperti sauna wajah, mengompres hidung juga bertujuan untuk mengencerkan lendir yang menggumpal dengan uap air panas.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Mudah dan Alami

Cara mengobati hidung tersumbat dengan kompres hidung cukup gampang, siapkan handuk kecil atau sapu tangan lalu celupkan pada air hangat.

Letakkan handuk tersebut pada hidungmu selama kurang lebih 10 menit, dan ulangi cara ini selama 2-3 kali sehari sampai nafasmu terasa lebih segar.

8. Matikan pendingin ruangan

Matikan pendingin ruangan
Photo: Freepik
Jika kamu mulai merasa dingin dan hidungmu mulai terasa tersumbat, maka segera matikan pendingin ruangan seperti AC dan kipas angin di ruang tersebut.

Hal ini dimaksudkan, agar suhu badanmu meningkat hingga mengencerkan bagian hidungmu yang dipenuhi oleh lendir yang mengendap.

Pada dasarnya, cara mengobati hidung tersumbat yang satu ini mirip seperti melakukan sauna.

9. lakukan pemijatan pada hidung

Mitosnya, rajin memijat hidung dapat membuat hidungmu lebih mancung, lho. Pernah enggak sih kamu mendengar hal tersebut?

Terlepas benar atau tidaknya mitos tersebut, memijat hidung ternyata juga ampuh digunakan sebagai cara mengobati hidung tersumbat.

Cukup pijat areal hidungmu menggunakan jempol dan telunjuk dalam beberapa saat, ulangi treatment tersebut beberapa kali, maka hidungmu akan terasa lebih ringan dan lega.

10. Tambahkan bantal saat tidur

Tambahkan bantal saat tidur
Photo: Freepik
Cara mengobati hidung tersumbat berikut ini mungkin terdengar tidak meyakinkan, namun, siapa sangka bahwa cara ini dipercaya ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat.

Pasalnya, tidur dengan bantal tambahan atau lebih dari satu bantal akan menjaga posisi kepalamu tetap miring, sehingga akan membantu melegakan pernapasan ketika bangun.

11. Membuang ingus

Cairan hidung atau ingus yang mengendap merupakan penyebab utama terjadinya hidung tersumbat. Oleh karenanya, jangan malas untuk mengeluarkan ingus tersebut dari hidungmu.

Apalagi bila terjadi pada anak atau bayi, segera keluarkan cairan hidung mereka menggunakan aspirator (alat penghisap cairan hidung) agar ingus tersebut tak mengganggu pernapasan mereka.

12. Gunakan air garam untuk mencuci hidung

Gunakan air garam untuk mencuci hidung
Photo: Freepik
Saya yakin bahwa jarang sekali dari kamu yang pernah mendengar cara yang satu ini. Padahal, mencuci hidung dengan air garam merupakan cara mengobati hidung tersumbat secara efektif.

Buatlah larutan air garam dengan bahan-bahan seperti tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Aduk kedua bahan tersebut, lalu simpan di dalam wadah kedap udara.

Untuk larutannya, kamu hanya perlu mengambil satu sendok teh dari campuran tersebut, lalu larutnya ke dalam 230 ml air hangat.

Isi larutan yang telah kamu buat tadi ke dalam syringe atau neti pot, kemudian posisikan kepala bersandar pada wastafel lalu miringkan. Tuangkan larutan tadi salah satu lubang hidung yang tersumbat.

Setelah itu, biarkan larutan tersebut mengalir keluar ke bagian hidung lainnya, dan tetaplah bernapas melalui mulut.

Cara mengobati hidung tersumbat dengan air garam mungkin membutuhkan sedikit usaha dalam membuatnya, namun tidak sulit bukan untuk melakukannya?

13. Olahraga dan istirahat teratur

Menjaga pola hidup sehat merupakan cara terbaik dalam menangkal segala penyakit yang menyerang badan, termasuk sebagai cara mengobati hidung tersumbat.

Pasalnya, dengan berolahraga dan istirahat teratur metabolisme badanmu akan lebih kuat dalam melawan segala jenis virus dan bakteri penyebab penyakit.

Nah, itu tadi 13 cara mengobati hidung tersumbat secara alami yang patut untuk kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.