Cara Mengecilkan Paha dan Perut Saat Ramadan (Beserta Manfaat Puasa)

May 22, 2019

Saat berpuasa, tubuh kita tidak akan mengkonsumsi makanan atau minuman apapun selama kurang lebih 13 jam. Banyak orang kemudian memanfaatkannya sebagai cara mengecilkan paha dan perut mereka.

Sayangnya, usaha tersebut kerap kali dilakukan dengan cara yang salah. Alih-alih paha dan perut mengecil saat bulan puasa, justru berat badan kamu malah bertambah. Apakah kamu pernah mengalami hal demikian? Lantas, benar enggak sih kalau puasa bisa dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan paha dan perut kita?

Untuk mengetahui jawabannya, simak dulu penjabaran di bawah ini ya.

Manfaat puasa bagi kesehatan

Selain meningkatkan keimanan kepada sang pencipta, ternyata puasa juga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, lho. 
Beberapa studi menemukan, bahwa puasa dapat memperbaiki tekanan darah dalam tubuh, kadar kolesterol, serta sensitivitas insulin.

Berpuasa juga merupakan cara efektif untuk meregenerasi sel imun atau kekebalan tubuh. Saat berpuasa, sistem tubuh kita akan menyimpan energi dengan mendaur ulang sel imun yang tidak dibutuhkan.

Bahkan, setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan memproduksi hormon endorphin, hormon yang membuat perasaan bahagia lebih banyak, sehingga berdampak sangat baik bagi kesehatan jiwa. Tidak hanya itu, saat berpuasa tubuh kita akan terdetoksifikasi, sehingga racun-racun yang ada pada lemak tubuh akan dilarutkan dan dikeluarkan lewat keringat.

Itu artinya, berpuasa juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan paha dan perut kita. Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut penjelasannya.

 Fakta puasa dapat menurunkan berat badan

Fakta puasa dapat menurunkan berat badan

Meski tidak mengkonsumsi asupan apapun selama berpuasa, namun tubuh kita tetap memiliki simpanan makanan dalam bentuk glukosa pada hati dan otot. Ketika glukosa yang tersimpan digunakan, tubuh mulai membakar lemak tersebut, yang nantinya akan dijadikan sebagai sumber tenaga saat berpuasa. Itulah mengapa tubuh kita menjadi lebih langsing.

Selain itu, penggunaan lemak sebagai energi juga dapat menjaga kekuataan otot serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nah, orang-orang yang gagal dalam memanfaatkan puasa sebagai cara mengecilkan paha dan perut kebanyakan disebabkan karena pola berpuasanya yang tidak sehat.

Maka dari itu, hari ini saya akan memberikan cara mengecilkan paha dan perut saat berpuasa secara benar dan dijamin ampuh! Penasaran? Selengkapnya di bawah ini.

3 cara mengecilkan paha dan perut saat puasa

Siapa sih yang enggak pengin memiliki bentuk tubuh idamannya? Apalagi jika hal tersebut dilakukan sambil beribadah, sudah mendapatkan pahala, penampilan jadi lebih cantik pula. Hehe.

Agar hal itu bisa terlaksana dengan baik, catat baik-baik cara mengecilkan paha dan perut berikut ini ya.

1. Mengatur pola dan porsi makanan

Mengatur pola dan porsi makanan

Memang, agar kamu lebih kuat untuk berpuasa seharian, ada baiknya kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat pada saat sahur. Namun, sayangnya hal tersebut tidak berlaku jika kamu ingin memanfaatkan puasa sebagai cara mengecilkan paha dan perut.

Maka gantilah asupan karbohidrat dengan makanan yang mengandung banyak protein, seperti kacang-kacangan. Sebab, kacang-kacangan juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Selain itu, perhatikan juga porsi dan jadwal makanmu.  

Baca Juga: Wajib Tahu! 9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Para Pecinta Petai dan Jengkol

Apabila biasanya kamu makan tiga kali sehari, saat puasa sebaiknya porsi makan siang dibagi ke porsi sahur dan berbuka. 
Jika biasanya kamu makan pada saat pagi, siang, dan malam, saat puasa jadwal makan kamu diubah 50 persen ke makan sahur dan 50 persen saat berbuka.

Tapi jangan sampai kalap ya, terutama ketika berbuka puasa. Seimbangkan prosi makanmu dengan asupan gizi yang baik seperti sayur dan buah-buahan. Asupan lemak dan karbohidrat boleh kok untuk dikonsumsi, justru kedua zat itu penting sekali untuk tubuh saat berpuasa. Namun, konsumsi sewajarnya dan seseimbangnya saja ya.

2. Perbanyak air putih dan hindari minuman manis

Memang, kita disunahkan untuk berbuka dengan sesuatu yang manis. Namun, mengkonsumsi makanan manis secara berlebih akan membuat berat badanmu naik. Lebih baik perbanyak konsumsi air putih. Selain lebih sehat, air putih juga terbukti dapat menurunkan berat badan, lho.

Jika kamu ingin berbuka dengan yang manis, namun masih dalam kategori sehat, maka berbukalah dengan buah kurma. Sebab, kandungan gula pada buah kurma lebih sedikit dibanding buah lainnya.

Atau, kamu juga bisa membuat minuman kesehatanmu sendiri dengan irisan buah dan sayur, seperti jeruk dan mentimun yang dicampurkan dengan daun mint di dalam sebuah wadah yang diisi dengan air putih.

Hal ini dinilai cukup ampuh sebagai cara mengecilkan paha dan perut saat Ramadan.

3. Lakukan aktivitas fisik

Lakukan aktivitas fisik

Karena tidak mengkonsumsi apapun selama seharian, tubuh kita tentu akan lebih cepat lelah dan lemas. Namun, puasa tidak menjadi alasan untukmu agar bermalas-malasan selama seharian!
Bergeraklah dan cari aktivitas yang bermanfaat untuk mengisi waktu puasamu. Hal ini juga bisa digunakan sebagai cara mengecilkan paha dan perut.

Dengan melakukan banyak aktivitas fisik, lemak yang mengendap dalam paha dan perutmu akan terbakar menjadi tenaga, sehingga membuatmu jadi lebih langsing deh. Selain itu, puasa juga bukan alasan untuk berhenti berolahraga ya. Kamu tetap bisa kok berolahraga meski sedang berpuasa, contohnya dengan latihan kardio.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Mudah dan Alami

Ada beberapa olahraga yang dapat kamu gunakan sebagai cara mengecilkan perut dan paha saat berpuasa, di antaranya pilates, sit-up, jalan kaki jarak pendek, dan juga bersepeda santai Selain itu, kamu juga bisa mempraktikkan gerakan-gerakan senam, seperti serta gerakan squat dan lunges, slimming skaters, crunch, fire hydrant, serta leg lift.

Itu tadi tiga cara mengecilkan paha dan perut saat berpuasa yang bisa kamu coba sendiri di rumah.
Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.