Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

May 27, 2019
Sebenarnya komedo ini bukan sesuatu yang berbahaya hanya saja komedo yang timbul di sekitar daerah hidung ini terkadang mengganggu penampilan terutama di bagian wajah. Bagaimana tidak, komedo membuat make up seseorang terlihat tidak rata. Bukan hanya itu, warna dan bentuk komedo pun mengganggu keindahan wajah.



Bahkan karena kesalnya pada komedo, tidak sedikit orang yang memencet si komedo ini agar cepat hilang. Tapi tahukah kalian kalau memencet komedo ini sebenarnya tidak disarankan?

Mari simak penjelasan dari dr.  Reisa Broto Asmoro dalam acara dr. Oz Indonesia. Menurutnya, kebiasaan memencet komedo ini sebaiknya dihindari atau tidak dilakukan karena bisa menyebabkan kecacatan pada kulit, pori-pori yang harusnya menutup kembali menjadi terhambat penutupannya karena keseringan dipencet, akibatnya pori-pori itu tetap terbuka. 

Bahkan bila salah pencet dapat menyebabkan lubang baru pada kulit. Bahkan terkadang ada yang bilang pori-porinya besar, padahal belum tentu. Bisa saja itu adalaj lubang-lubang baru yang terbentuk akibat dari kebiasaan memencet komedo ini.

Tuh.. Denger kata dr. Reisa..
Bagi kalian yang biasa memencet komedo sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang karena itu tidak baik. Sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan obatnya atau menggunakan cara alami untuk menghilangkannya.

Sebelum kita paparkan cara alami untuk.menghilangkannya, alangkah lebih baik kalau kita mengetahui penyebabnya. Ini cukup penting karena ketika kita sudah tahu penyebabnya kita dapat meminimalisir resiko timbulnya komedo di kemudian hari.

Penyebab Komedo 


1. Makanan Berminyak

Sebum adalah zat berminyak yang terdiri dari lemak, keratin yang di produksi oleh kulit. Terlalu banyak konsumsi makanan berminyak bisa membuat akumulasi minyak di wajah bertambah banyak. Akumulasi sebum terutama di daerah hidung yang semakin banyak ini akhirnya mampu memunculkan komedo. 

Di tambah sel sel kulit mati yang berada di daerah wajah, sehingga pori pori di dalam kulit tertutup. Dan hal itu menyebabkan komedo muncul.

2. Tidur dengan Wajah Kotor

Tidur dengan wajah kotor pun menjadi salah satu penyebab munculnya komedo. Minyak yang harusnya keluar melalui pori pori akan terhambat karena pori pori itu tertutup akibat sisa sisa make up. Dan minyak berlebih yang tidak dapat keluar itu akhirnya berubah menjadi komedo.
Jadi sebaiknya sebelum tidur bersihkan wajah dahulu.

3. Merokok

Merokok juga menjadi salah satu penyebab munculnya komedo. Ini terjadi karena didalam rokok terdapat banyak radikal bebas, radikal bebas ini dapat membuat sel sel kulit menjadi cepat mati.

Lebih tenang kan setelah tahu penyebabnya?
Mungkin kalian pernah mempertanyakan kenapa ada komedo putih dan komedo hitam, apa yang membedakan keduanya? Oke.. Untuk menjawab rasa penasaran itu, mari lanjutkan membacanya.

Jenis Komedo

Ada dua jenis komedo yaitu komedo berwarna hitam dan komedo berwarna putih. Perbedaan keduanya terletak pada lokasi komedo itu berada.

1. Komedo hitam

Komedo hitam (terbuka) adalah bintik hitam yang muncul di pori-pori yang tidak dilapisi epitel kulit.  Lokasi munculnya komedo hitam ini di pori-pori terbuka dan langsung terkena udara di sekitar, akibatnya terjadi oksidasi yang menyebabkan minyak di pori-pori itu menjadi warna hitam.

2. Komedo putih

Komedo putih (tertutup) adalah bintik putih yang menonjol dari dalam kulit wajah atau dibawah epitel kulit. Komedo putih letaknya di dalam sehingga ada sel-sel kulit yang menutupinya dan tidak terkena udara bebas secara langsung.

 Cara menghilangkan komedo secara alami

Salah satu cara menghilangkan komedo secara alami adalah dengan membuat pasta yang terbuat dari bubuk kayu manis dan air perasan lemon.

Bahan yang perlu di sediakan :

- bubuk kayu manis
- air perasan lemon

Caranya :

Campurkan setengah sendok makan (1/2 sdm) bubuk kayu manis dengan air perasan lemon sebanyak satu sendok makan (1 sdm). Aduk kedua campuran tersebut sampai membentuk pasta, tidak terlalu cair.

Setelah jadi ramuannya, langsung saja oleskan ke hidung atau daerah yang berkomedo (sebelumnya pastikan daerah yang berkomedo sudah dibasuh atau dibersihkan dari sisa make up). Diamkan semalaman (dibawa tidur).

Di pagi hari ketika bangun tidur, bilaslah wajah seperti biasa kalian membasuh wajah di pagi hari. Bagi yang biasa membasuh gunakan sabun silahkan gunakan sabunnya. Bagi yang tidak menggunakan sabun pun silahkan asal harus benar-benar bersih ketika membasuhnya.

Cara ini sudah di demonstrasikan langsung di acara dr. Oz Indonesia, jadi secara tidak langsung ini sudah dipastikan keamanan serta efektivitasnya dalam menghilangkan komedo.

No comments:

Powered by Blogger.