Wajib Tahu !! Berikut Tips Menjaga Kesehatan Hati Kita

May 22, 2019
Gaya hidup sangat mempengaruhi kesehatan, Gaya hidup yang baik berpengaruh terhadap kesehatan yang baik juga. Mobilitas yang terlalu tinggi, konsumsi alkohol, merokok, zat aditif yang berlebihan, bahan-bahan kimia, konsumsi makanan cepat saji, obat-obatan dan kurangnya olah raga adalah gaya hidup tidak baik yang dapat menggangu metabolisme. 

Tips Menjaga Kesehatan Hati Kita

Metabolisme yaitu proses kimiawi yang terjadi didalam tubuh. Dan proses metabolime paling aktif terjadi di hati.

Hati merupakan organ manusia yang berada di bagian bawah tulung rusuk sebelah kanan. Organ ini penting sebagai bagian dari sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Fungsi hati antara lain yaitu :

  • Pusat proses metabolisme dalam tubuh
  • Membuang kolesterol yang berbahaya bagi tubuh
  • Mengatur hormon
  • Memproduksi zat imun
  • Menyimpan glikogen dan zat makanan yang di absorbsi usus
  • Membuang racun
  • Membantu proses produksi sel darah merah

Selain fungi itu, masih banyak fungsi penting hati. Berhubung hati merupakan organ vital manusia, sangat penting untuk memperbaiki gaya hidup sehingga hati tetap sehat dan metabolisme tetap normal.

Beberapa penyakit hati antara lain hepatitis, sirosis hati, kanker hati, kolestasis dan lain-lain. Untuk mencegah penyakit-penyakit hati, berikut beberapa tips perawatan kesehatan hati yang bisa diikuti:

Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat akan memperbaiki dan menjaga kesehatan hati. Konsumsi makanan segar yang tanpa pengawet, pemanis, penyedap rasa, atau pewarna buatan, karena banyak bahan kimia berbahaya yang masuk ke tubuh akan memperberat pekerjaan hati.

Tips perawatan kesehatan hati dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin c (buah-buahan), sayur hijau, teh hijau, kubis yang dapat mendetox hati, minyak zaitun untuk membantu kerja hati agar lebih efisien dan juga biji-bijian.

Lakukan latihan rutin

Olahraga yang rutin akan menjaga berat badan dan metabolisme tubuh. Bisa melakukan olahraga seperti lari, berjalan cepat, berenang, bersepeda atau melakukan gerakan-gerakan ringan disela-sela kesibukan. Dengan metabolisme yang baik maka hati akan semakin baik dalam menjalankan fungsinya.

Tidur pada malam hari

Kebiasaan begadang pada malam hari ternyata dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan hati. Tips perawatan kesehatan hati selanjutnya yaitu tidurlah pada jam tidur malam.

Tidur pada malam hari sangat penting bagi proses detox (pembuangan racun) tubuh. Khususnya pada jam 23.00 sampai 01.00, usahakanlah untuk istirahat yang banyak dan tidur yang cukup , dikarenakan  proses detox pada hati sedang berlangsung. 

Hindari minuman beralkohol dan rokok

Penyakit seperti hepatitis, sirotis, bahkan kanker hati dapat dipicu dari minuman beralkohol dan merokok. Minuman beralkohol membuat hati semakin berat menjalankan tugasnya sehingga kerusakan hati tidak dapat dihindarkan. Secara medis sirotis dan kanker hati tidak dapat disembuhkan hanya saja di diobati agar tidak merusak hati dengan cepat. 

Air putih yang cukup

Kebutuhan air putih manusia kira-kira 8 gelas dalam sehari. Selain untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh air putih juga menjaga kesehatan hati supaya dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Air putih membantu proses detoxsifikasi sehingga kerja hati semakin ringan.

Jangan konsumsi makanan yang membuat alergi

Alergi merupakan reaksi penolakan tubuh terhadap suatu zat dalam makanan tertentu. Jika telah diketahui alergi terhadap makanan tertentu, tips perawatan kesehatan hati selanjutnya yaitu menghindari makanan yang membuat alergi. Hal ini dikarenakan sistem imun pada hati akan bekerja sangat keras jika dipaksakan untuk memakan, sehingga rentan terjadi kerusakan hati.

Tidaklah sulit untuk mengikuti gaya hidup sehat. Berbagai manfaat juga akan dirasakan seiring dengan pulihnya sistem metabolisme tubuh seperti berat badan ideal, terhindar dari berbagai penyakit, pekerjaan hati yang ringan dan masih banyak lagi. Semoga tips perawatan kesehatan hati diatas dapat membantu untuk menghindari berbagai penyakit hati. 

No comments:

Powered by Blogger.