9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

February 22, 2019
Tak hanya bisa digunakan sebagai bumbu saat memasak, tapi Anda juga bisa merasakan manfaat bawang putih untuk kesehatan, mulai dari kesehatan kulit, masalah jantung hingga mengurangi resiko kanker.

Diperkirakan, dalam satu ons bawang putih terdapat sejumlah kandungan yang berperan dalam menjaga kesehatan di antaranya adalah mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium 6 dan serat. Ditambah lagi dengan kandungan kalsium, tembaga, kalium, fosfor, zat besi dan vitamin B1.

Nah, kalau penasaran dengan manfaat bawang putih untuk kesehatan, yuk, cek beberapa manfaatnya berikut:

1. Manfaat bawang putih untuk kekebalan tubuh

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu tubuh mengatasi peradangan. Dan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga efektif dalam memerangi berbagai jenis virus dan bakteri penyebab penyakit.
manfaat bawang putih


Contohnya, dalam sebuah penelitian terbukti bahwa bawang putih dapat mengurangi penyakit flu hingga 63%. Jadi konsumsi bawang putih bisa lho meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Manfaat bawang putih untuk jantung dan tekanan darah

Mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin terbukti ampuh mencegah maupun mengurangi pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner.

Kandungan polisulfida pada bawang putih juga dinilai efektif mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Karena polisulfida akan membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan terlalu besar.

Tak heran jika mengonsumsi bawang putih rutin selama tiga bulan, bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg. 

3. Manfaat bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol

Tak hanya tekanan darah, manfaat bawang putih juga baik dalam menurunkan kadar kolesterol.

Anda bisa coba mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan, dan ini ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam jumlah relatif banyak.

manfaat bawang putih

Bawang putih yang dikonsumsi dalam keadaan mentah, tak hanya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, tapi sebuah penelitian juga membuktikan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik. Ini juga yang membuatnya bagus untuk mencegah masalah pada jantung.

4. Manfaat bawang untuk kinerja otak

Yang bertanggung jawab dalam manfaat satu ini adalah kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan. Kandungan ini dianggap mampu menjaga otak dari gangguan seperti penyakit Alzheimer.

Unsur kimia tersebut berguna untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

Lalu antioksidan dalam bawang putih bisa memerangi radikal bebas penyebab penuaan serta mengurangi stres oksidatif, yakni keadaan dimana jumlah radikal bebas melebihi kapasitas untuk dinetralkan tubuh.

5. Manfaat bawang putih dalam menurunkan risiko kanker

Yang tak kalah menarik, bawang putih juga dianggap bisa menurunkan resiko kanker. Kandungan senyawa sulfur bioaktif di dalamnya bisa mencegah pembentukan sel kanker.

Baca Juga: Sebelum Dibuang, Ketahui Dulu 3 Manfaat Teh Basi Ini

Ini karena sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan khasiat makan bawang putih mentah untuk membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker, salah satunya adalah kanker payudara.

6. Manfaat bawang putih dalam mendetoks tubuh

Lagi-lagi senyawa sulfur dalam bawang putih memiliki peran yang sangat baik, kali ini untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan dan keracunan logam berat. 

manfaat bawang putih

Dalam studi yang pernah dilakukan, diketahui bahwa bawang putih bisa mengurangi kadar timbal dalam darah hingga 19%. Timbal sendiri merupakan salah satu pencemar yang bisa menyebabkan hipertensi.

7. Manfaat bawang putih dalam membantu meningkatkan kesehatan tulang

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, bahwa bawang putih memiliki kandungan seperti seng, mangan, vitamin B6 dan vitamin C.

Dan ini semua berperan dalam kesehatan tulang, jaringan ikat, serta bermanfaat untuk metabolisme tulang dan penyerapan kalsium.

8. Manfaat bawang putih dalam mengatasi jerawat

Bawang putih juga bisa dirasakan manfaatnya untuk kesehatan kulit sekaligus untuk kecantikan, khususnya dalam mengatasi jerawat. 

manfaat bawang putih

Menurut seorang dokter kulit, hal ini sangat dimungkin karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang berkat bahan kimia alami bernama allicin.

Dipercaya, kandungan allicin ini mampu membunuh banyak virus dan bakteri yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat

Caranya cukup mudah, yakni dengan memotong satu siung bawang putih lalu dioleskan ke kulit yang berjerawat secara teratur.

Sifat antibakteri yang dikandung bawang putih juga bisa membantu mengeringkan dan membersihkan bekas jerawat.

9. Manfaat bawang putih untuk mengatasi rambut rontok

Selain kesehatan kulit, mungkin belum banyak yang tahu juga bahwa ternyata bawang putih bermanfaat untuk kesehatan rambut, yakni mengatasi masalah kerontokan.

manfaat bawang putih

Bawang putih mentah bisa membantu memperkuat dan memicu pertumbuhan rambut di kulit kepala.
Anda bisa mencoba gel bawang putih yang dioleskan ke kepala untuk mencegah kerontokan ataupun kebotakan.


Tapi juga bukan rahasia lagi ya, bahwa mengonsumsi bawang putih menyebabkan aroma nafas jadi tidak sedap.

Nah, jika Anda ingin mencoba rutin mengonsumsi bawang putih, terutama jika ingin dimakan mentah, ada sebaiknya simak tips berikut agar Anda tetap bisa mengonsumsi bawang putih dan merasakan khasiatnya tanpa khawatir aroma mulut jadi tidak sedap:

1. Sebelum dikonsumsi, pastikan Anda mencuci bawang putih dengan air dingin

2. Kalau bisa konsumsi bersamaan dengan daun seledri atau kemangi ya, untuk mengimbangi aroma tajam dari bawang putih.

3. Setelah itu, coba lah minum segelas susu rendah lemak atau yogurt plain, lalu akhiri dengan sikat gigi dan berkumur dengan cairan pembersih mulut.


Sekarang Anda sudah tahu manfaat bawang putih untuk kesehatan, jadi tertarik untuk mencoba?

No comments:

Powered by Blogger.