Selain untuk Pencernaan, Ini 13 Khasiat Buah Pepaya

March 05, 2019
khasiat buah pepaya

Anda mungkin sudah tahu ya, bahwa pepaya yang kaya akan serat bisa memperlancar pencernaan? Tapi apa Anda tahu ada banyak sekali khasiat buah pepaya yang lainnya?

Buah tropis satu ini memang sangat populer di Indonesia. Jadi tak heran kalau mendapatkannya pun relatif mudah. Anda bisa beli mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern atau supermarket.

Yang menarik dari buah pepaya adalah selain harganya yang relatif terjangkau dan mudah didapatkan, buah ini juga kaya manfaat lho..

Sesuai namanya, pepaya mengandung papain yang dapat membantu dalam pencernaan dengan memecah protein. Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika seseorang memakan pepaya selama lebih kurang 40 hari, hasilnya gangguan pencernaan seperti konstipasi (sembelit) dan perut kembung bisa teratasi.

Selain papain, pepaya juga mengandung banyak sekali Vitamin C. Dimana satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg Vitamin C, lalu juga ada kandungan mineral, seperti fosfor, kalium, magnesium dan kalsium serta masih banyak lagi. 

Ditambah lagi ada kandungan betakaroten yang merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang ampuh dalam menangkal radikal bebas. Lalu ada betacryptoxanthin, lutein dan zeaxanthin serta buah ini juga rendah kandungan lemak, kolesterol dan sodium. 

Dengan segala kandungan nutrisi di dalamnya, jadi penasaran ya apa saja sih yang jadi khasiat buah pepaya selain memperlancar pencernaan?

1. Meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh

khasiat buah pepaya
photo : pixabay
Seperti yang disebutkan sebelumnya, pepaya mengandung vitamin C, yang jika dibandingkan 33 persen lebih banyak dibanding buah jeruk. Kandungan inilah yang bisa membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh karena juga ada kandungan Vitamin A dan E. 

2. Cocok untuk diet dan bisa jadi cadangan energi

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk yang memiliki banyak aktivitas, sehingga Anda tidak mudah lelah. 

Buah pepaya juga bisa membantu agar Anda bisa tidur nyenyak setiap malam dan terhindar dari insomnia.

Selain itu bagi Anda yang sedang menjalani diet juga bagus untuk mengonsumsi buah pepaya, tanpa perlu takut berat badan naik. Satu buah pepaya yang berukuran medium panjang sekitar 12 cm dan diameter sekitar 7 cm mengandung 119 kalori, kurang dari 0,5 g lemak, 24 g gula alami dan 5,5 g serat.

3. Melawan peradangan

Khasiat buah pepaya lainnya juga tak kalah penting. Peradangan bisa disebabkan oleh makanan yang tidak sehat maupun gaya hidup, yang bahayanya ini bisa jadi sumber berbagai penyakit.

Nah, kandungan kolin yang dimiliki pepaya punya manfaat untuk meredakan peradangan selain juga berperan penting untuk perkembangan dan aktivitas otak, hingga penyerapan lemak.

4. Antioksidan

Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa pepaya bisa mengurangi stres oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas pada orang dewasa dan orang dengan prediabetes hingga  yang memiliki gangguan hati. 

Bahkan juga dipercaya bahwa radikal bebas yang berlebihan di otak merupakan faktor pemicu penyakit degeneratif progresif, Alzheimer.

Dan ternyata antioksidan, termasuk karotenoid yang terdapat pada pepaya, bisa menetralisir efek radikal bebas ini. 

5. Antikanker

khasiat buah pepaya
photo : pixabay
Dalam hal ini yang berperan adalah kandungan lycopene yang mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker. 

Bahkan pada sebuah penelitian ditemukan bahwa dari 14 buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan, hanya pepaya yang menunjukkan fungsi antikanker pada sel kanker payudara.

Selain buahnya, daun pepaya (khususnya ekstrak daun pepaya keringa), ternyata juga bisa memberikan efek yang kurang lebih sama pada beberapa jenis tumor. 

6. Mencegah penyakit jantung

Lycopene dan vitamin C tak hanya bagus dalam mencegah kanker maupun meningkatkan daya tahan tubuh, tapi ternyata juga terbukti bisa menguatkan fungsi jantung lho

Selain itu, antioksidannya juga bisa meningkatkan efek kolesterol baik dalam tubuh.

7. Mencegah asma

Berkat kandungan betakaroten yang terdapat di dalamnya, membuat buah pepaya juga ampuh dalam menekan risiko asma. Selain pepaya, buah atau sayuran dengan kandungan yang sama antara lain brokoli, melon dan wortel.

8. Mengatasi diabetes

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa khasiat buah pepaya juga bisa mengatasi diabetes. Pengidap diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi ternyata memiliki kadar glukosa darah lebih rendah. Ditemukan bahwa mengonsumsi pepaya dapat memenuhi 3 gram serat, yang setara dengan 17 gram karbohidrat.

9. Menyehatkan mata

khasiat buah pepaya
photo : pexels
Di sini kandung zeaxanthin, antioksidan yang bisa menyaring sinar biru yang dianggap berbahaya dinilai bisa melindungi mata sekaligus bisa menangkal degenerasi makula. 

Selain itu kandungan vitamin A, seperti yang Anda ketahui memang bagus untuk mata, khususnya kesehatan kornea dan menghasilkan kelembapan yang dibutuhkan mata.

10. Menyehatkan kulit

Khasiat buah pepaya lainnya adalah untuk kulit tubuh Anda. Enzim papain dalam pepaya dianggap bisa melembutkan, merevitalisasi kulit, dan membuat kulit tetap kencang. 

Selain itu kandungan Vitamin C dan lycopene juga melindungi kulit dan bahkan bisa menyembuhkan kulit yang terpapar langsung sinar matahari sehingga bisa merusal sel kulit dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Rahasia Manfaat Minum Air Putih Untuk Tubuh

Kandungan vitamin E juga dianggap bagus sebagai anti-aging yang mungkin sudah banyak Anda dapati di sejumlah produk kosmetik saat ini. Selain vitamin E, Vitamin A dan C juga dianggap ampuh mengurangi bintik-bintik hitam dan bisa membantu tubuh memproduksi kolagen yang dapat mengurangi keriput.

11. Menyehatkan rambut dan kuku

khasiat buah pepaya
photo : pixabay
Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Dengan konsumsi secara rutin pepaya bisa menyuburkan rambut sekaligus menguatkan kuku. Efek yang sama untuk rambut bisa Anda dapatkan dengan membuat masker rambut dari buah pepaya.

Selain buahnya, ada bagian lain dari pepaya khasiatnya bisa Anda buktikan:

12. Sebagai anti-parasit

Bagian akar dan biji pepaya bisa dijadikan teh, yang dipercaya bisa mengusir parasit, mengurangi pendarahan hingga mengatasi penyakit kuning. 

Sebuah studi menghasilkan bahwa biji pepaya kering menjadi pengobatan yang efektif dan efisien untuk melawan parasit di usus manusia tanpa efek samping yang berarti.

Biji pepaya sendiri mengandung protein yang sangat mudah dicerna, untuk menghilangkan sebagian besar parasit.

13. Mengobati ruam

Bagian kulit pepaya juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengobati ruam dan kulit yang terbakar panas matahari. 

Kulit pepaya memberikan sensasi dingin yang bisa menenangkan kulit dengan ruam atau kulit yang terbakar matahari.

Wah, ternyata banyak sekali khasiat buah pepaya. Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk Anda..

No comments:

Powered by Blogger.