5 Film Comedy Terbaik Untuk Para Pecinta Film

February 24, 2019
Saat ini memang banyak sekali film-film baru bermunculan di bioskop dengan pilihan genre yang beragam, mulai dari drama, action, crime, sci-fic, sampai dengan comedy.

Film comedy merupakan salah satu genre film yang memiliki fans terbanyak di dunia. Tidak heran jika banyak sekali film-film komedi yang bermunculan dan menghiasi layar-layar bioskop dari dulu hingga sekarang.

Sayangnya, genre ini kerap sekali dibuat dengan mutu yang sangat buruk. Entah mengapa jarang sekali film komedi dengan storyline yang baik dan tidak terkesan asal-asalan.

Apalagi di Indonesia, beberapa tahun lalu sempat bermunculan banyak film komedi yang diproduksi jauh di bawah standar.

Film-film komedi ini kerap digabungkan dengan genre film lain seperti horror, romance, dan sebagainya. Genre comedy-horror menjadi salah yang sangat banyak diproduksi pada saat itu.

Dengan kualitas cerita yang buruk, cinematography murahan, serta akting pemerannya yang enggak banget, film-film ini secara mengejutkan laris-manis dipasaran. Meskipun begitu, masih banyak kok sebenarnya film-film comedy yang dibuat dengan sangat baik dan memiliki humor-humor everlasting yang masih relevan sampai bertahun-tahun lamanya.

Penasaran film apa saja? Berikut akan saya berikan dafta film comedy terbaik pilihan saya untuk kalian.

 1. The 40-Year-Old Virgin – Judd Apatow (2005)


Film Comedy Terbaik
(Photo: Google Image)
Mana suaranya para jomblo sejati yang belum memiliki pasangan hingga usia 40 tahun??

Film ini mungkin cocok untuk menggambarkan bagaimana kejamnya cibiran orang-orang sekitar tentang kejombloan kalian.

Bercerita tentang seorang pria bernama Andy Stitzer (diperankan Steve Carell) yang belum memiliki pasangan hingga usia 40 tahun. Mengetahui hal tersebut, teman-teman Andy memaksanya untuk segera memiliki pasangan dan mencoba membantu Andy yang terkenal sangat kikuk dihadapan wanita.


Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Anak-Anak Terbaik

Namun sayangnya, rencana yang dibuat oleh teman-teman Andy tersebut tidak berjalan sesuai yang diharapkan, hingga akhirnya Andy bertemu seorang wanita pemilik toko kecil bernama Trish (diperankan Catherine Keener).

Film ini berhasil menghadirkan lelucon-lelucon segar yang sangat memorable sampai dengan sekarang. Siapa yang tidak ingat dengan kelucuan yang terjadi ketika Andy melakukan waxing bulu dada?

Untuk mengekspresikan rasa sakit yang dideritanya, Steve Carell secara tidak sengaja meneriakkan nama salah satu penyanyi Amerika, Kelly Clarkson.

Hal tersebut dilakukan secara spontan oleh Steve, diluar script yang ada. Namun karena terlihat sangat natural dan lucu, sang sutradara tidak memotong adegan tersebut dan tetap memasukkannya ke dalam film.

2. Superbad – Greg Mottola (2007)


Film Comedy Terbaik
(Photo: Google Image)
Film comedy terbaik berikutnya adalah sebuah film yang menceritakan bagaimana dua orang anak muda yang akan lulus dari SMA, kemudian berusaha sekeras mungkin untuk terlihat popular di akhir-akhir masa sekolah mereka.

Untuk merealisasikan hal tersebut, mereka kemudian berusaha mendekati siswa-siswa popular yang ada di sekolah dan mengikuti gaya hidup mereka. Hal tersebut kemudian membuat Seth (diperankan Jonah Hill) dan Evan (diperankan Michael Cera) mengalami serangkain kejadian gila dan konyol.

Selain lucu, film yang membawa Jonah Hill menjadi sebuah aktor yang diperhitungkan (terutama di genre komedi) ini dianggap berhasil menggambarkan, bagaimana kacaunya ambisi anak muda dalam mencari jati diri dan popularitas.

Uniknya, film ini ternyata diangkat dari kisah nyata dua aktor kawakan Hollywood, yaitu Seth Rogen dan Evan Goldberg.

 3. Dumb & Dumber – Peter Farrelly (1994)


Film Comedy Terbaik
(Photo: Google Image)
Kesan pertama ketika saya menonton film ini adalah, untung saja ini hanya sebuah film, bagaimana bisa ada orang dengan kelakukan si bodoh ini di dunia nyata. Terlihat dari judul filmnya, Dumb & Dumber menceritakan tentang persahabatan super konyol yang dijalani oleh dua orang pria bernama Llyod (diperankan Jim Carrey) dan Harry (diperankan Jeff Daniels).

Jim Carrey yang dikenal sebagai jenius di bidang komedi lagi-lagi berhasil menghadirkan tawa sekaligus kekesalan bagi penonton yang melihat tingkah lakunya di film ini.

Film ini bukan hanya lucu, namun juga sangat menghibur, karena banyak adegan-adegan “imajinatif” di luar ekspektasi kita sang penonton. Tak heran bila film ini dinobatkan sebagai salah satu film comedy terbaik yang pernah ada.

4. The Hangover – Todd Phillips (2009)


Film Comedy Terbaik
(Photo: Google Image)
Siapa yang pernah menonton film comedy terbaik yang satu ini?

Film yang menceritakan tentang tiga sahabat yang sedang merayakan hari pernikahan salah seorang sahabatnya, kemudian berakhir sebagai perjalanan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Diperankan oleh Justin Barth, Bradley Cooper, Ed Helms, Zach Galifianakis, film ini tak henti-henti membuat kita tertawa melihat tingkah konyol dari Alan (diperankan Zach Galifianakis) yang memiliki sifat sangat kekanak-kanakan dan selalu membuat masalah.

Dibuat dengan storyline yang baik, film ini dipenuhi dengan adegan-adegan yang tidak bisa ditebak oleh penonton serta dialog-dialog yang dapat mengundang gelak tawa.

Namun tahan emosi ya, walaupun lucu, namun sosok Alan di film ini digambarkan sangat menyebalkan yang membuat penonton juga merasa kesal!

5. The Grand Budapest Hotel – Wes Anderson (2014)


 Film Comedy Terbaik
(Photo: Google Image)
Film comedy terbaik yang terakhir ini merupakan film komedi favorit dari sutradara favorit saya sepanjang masa! Yaps, The Grand Budapest Hotel tidak hanya menghibur, namun juga sangat indah dipandang mata.

Apabila kalian pernah menonton film-film Wes Anderson yang lain seperti Moonrise Kingdom, The Royal Tenenbaums, Rushmore, dan lainnya, tentu kalian akan tahu bahwa persamaan dari semua film itu adalah segi estetikanya.

Wes Anderson memang spesialis film estetik yang secara cinematography sangat eye catchy and edgy. Selain digarap dengan cinematography yang memukau, jalan cerita dari film ini juga sangat amat menyenangkan.

Dengan jalan cerita original dan lain daripada film-film komedi pada umumnya, film comedy terbaik yang satu ini tidak hanya lucu, namun juga tampil sangat berkelas. Meski tidak terdapat jokes-jokes dan kekonyolan ekstrim seperti pada film-film sebelumnya, cerita pada film The Grand Budapest Hotel terkesan effortless funny.

Tidak heran jika kemudian film ini menerima banyak sekali penghargaan seperti dari Golden Globe Award untuk kategori Best Motion Picture, serta Academy Award untuk kategori Best Original Music Score.

Iya, selain estetik, Wes Anderson juga terkenal lihai dalam memilih soundtrack yang pas untuk film-filmnya.

No comments:

Powered by Blogger.