Rekomendasi 7 Film Anak-Anak Terbaik

February 22, 2019
Enggak terasa sekarang sudah hari Jumat lagi nih, guys.
Mau kemana nih buat ngisi waktu weekend kalian? Bioskop? Ke kafe bareng teman-temen? Apa cuma di rumah aja?

Enggak masalah kok walaupun kalian cuma tinggal seharian doang di rumah, banyak juga aktivitas-aktivitas menarik yang bisa kalian lakukan setelah lelah dari kegiatan kantor, kampus, atau sekolah.

Contohnya seperti menonton film. Selain bisa menghibur, kegiatan menonton film juga bisa kalian manfaatkan sebagai ajang kumpul-kumpul keluarga pada saat akhir pekan. Namun, tentu tidak semua genre film dapat kalian tonton bersama dengan keluarga. Apalagi jika kalian memiliki adik atau keponakan yang masih kecil, tentu kalian harus memilih film yang sesuai dengan umur mereka.

Tapi enggak perlu khawatir! Banyak banget lho, film anak-anak dan bertema keluarga yang bukan hanya bisa dinikmati oleh adik dan keponakan kalian, namun juga untuk orang dewasa. Penasaran apa saja film anak-anak terbaik yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga tercinta? Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari sama-sama kita simak daftarnya!

1. Spirited Away – Hayao Miyazaki (2001)


Film Anak-Anak Terbaik
(Photo: Google Image)
Terpujilah Hayao Miyazaki berserta imajinasinya yang sangat luar biasa!
Saya pribadi merasa enggak enak hati ketika hanya memasukkan satu film Hayao Miyazaki ke dalam list ini, karena semua film dari kakek berusia 78 tahun tersebut sangat amat layak kalian tonton bersama dengan keluarga.

Diceritakan seorang anak perempuan bernama Chihiro yang secara tidak sengaja masuk ke dalam wahana bermain terlarang dan terjebak di dalamnya, bersama dengan kedua orang tuanya yang menjelma menjadi babi setelah menyantap makanan yang diperuntukan untuk para ruh.

Chihiro harus berjuang melayani para ruh tersebut untuk dapat menyelamatkan kedua orang tuanya dan keluar dari wahan bermain, yang sebenarnya adalah penginapan para hantu.

Film ini sangat imajinatif, dan memunculkan karakater-karakter animasi unik yang mungkin akan jarang kalian dapati pada film animasi-animasi lainnya. Untuk kalian yang belum pernah sama sekali menonton film Hayao Miyazaki, saya sarankan untuk menonton film ini, setelah itu pasti kalian akan mengerti ketika saya mengatakan Hayao Miyazaki merupakan seorang jenius di bidang film animasi!

2. Ratatouille – Brad Bird (2007)


Film Anak-Anak Terbaik
(Photo: Google Image)
Semua orang bisa memasak! Siapa yang familiar dengan kata-kata tersebut?
Yaps! Benar sekali, sebuah kalimat dari film Ratatouille ini membuat kita percaya bahwa semua orang (bahkan tikus) bisa memasak.

Cerita berawal dari seekor tikus bernama Remy yang memiliki keahlian memasak dan ingin menjadi seorang chef. Karena identik dengan hewan kotor, kehadiran Remy di dapur restoran terkenal Gusteau dianggap menggangu.

Baca Juga: 4 Film Bertema Investasi yang Wajib Anda Tonton

Di situlah Remy bertemu dengan Linguini, seorang pria kurus yang pada saat itu bertugas sebagai tukang sampah, yang sebenarnya anak dari almarhum Gusteau pemilik restoran tersebut.

Konflik bermula ketika Remy kemudian memanfaatkan badan Linguini untuk bisa secara bebas masuk dan memasak di dapur itu. Karena masakan Remy dirasa sangat enak, berita akan kebangkitan restoran Gusteau tersebar ke seluruh Perancis dan melambungkan nama Linguini sebagai chef terbaik di sana.

Jalan cerita yang unik dibungkus dengan cinematography yang sangat manis membuat film ini melekat di ingatan banyak orang. Apalagi pada scenes terakhir (spoiler alert) ketika seorang kritikus makanan bernama Argo berteriak, “beri aku kejutan!” dan soundtrack lagu dengan bahasa perancis dimainkan, membuat kita terenyuh dan berkata, oh, Paris…

3. E.T. the Extra-Terrestrial – Steven Spielberg (1982)


Film Anak-Anak Terbaik
(Photo: Google Image)
Film anak-anak terbaik selanjutnya datang dari sutradara terkemuka, Steven Spielberg.
Film klasik yang sangat iconic ini memang sangat terkenal sampai dengan sekarang, karena dianggap sangat imajinatif dan futurisitik pada zamannya.

Jika Anda pernah melihat sebuah poster bergambarkan sepeda terbang dengan latar belakang bulan yang sangat besar, nah! Itu berasa dari film ini. Mengusung genre drama/fantasi, film ini sangat cocok untuk Anda dan keluarga karena sarat akan pesan moral di dalamnya.

Cerita di mulai pada saat sesosok alien terdampar di bumi dan berhasil ditemukan oleh seorang anak laki-laki bernama Elliott. Elliott kemudian membawa E.T. (panggilan alien tersebut) ke rumahnya di California untuk diperkenalkan dengan saudara laki-laki dan adik perempuannya.

Pada awalnya mereka merahasiakan keberadaan sahabat baru mereka tersebut, namun konflik dimulai ketika pemerintah mengetahui keberadaan E.T. dan melakukan intervensi terhadap E.T. dan Elliott. Di film ini kalian juga bisa melihat kelucuan dari aktris Drew Barrymore ketika masih kecil, lho. Drew sendiri berperan sebagai sebagai Gertie, adik perempuan Elliott.

4. The Lion King – Rob Minkoff & Roger Allers (1994)


(Photo: Google Image)
Nants ingonyama bagithi baba…
Hayoo siapa yang familiar dengan kalimat tersebut? Iya, kalimat tersebut merupakan penggalan lirik pertama dari opening song paling terkenal dan iconic sepanjang masa, Circle of Life.

Sebagai anak generasi 90’an, tentu kalian pernah dong mencoba mengikuti lirik dari lagu tersebut, apakah kalian sudah benar mengucapkan kata-katanya? Sulit ya? Karena lirik lagu tersebut memang memakai bahasa Afrika, yang sudah barang tentu tidak semua orang mahir mengucapkannya.

Selain memiliki soundtrack yang iconic, The Lion King dianggap sebagai salah satu film anak-anak terbaik dan tersukses yang pernah di produksi oleh Disney Animation. Bercerita tentang perjalanan dari seorang singa muda bernama Simba yang akan mewarisi tahta ayahnya sebagai raja rimba.

Tidak semudah yang dipikirkan, ternyata jalan Simba menuju tahta tersebut dihalangi oleh pamannya sendiri yang bernama Scar. Dengan berbagai rintangan yang dihadapinya, Simba muda kemudian menjelma menjadi sosok yang berani dan bijaksana, serta 

membuktikan bahwa ia pantas menjadi raja rimba yang baru.
Plot dari film ini sebenarnya cukup sederhana, namun penggambaran konflik dan pesan moral dalam cerita tersebut, membuat banyak orang terinspirasi akan film ini.

5. Toy Story – John Lasseter (1995)


(Photo: Google Image)
Film anak-anak terbaik datang dari rumah produksi Disney yang berkerjasama dengan Pixar, Toy Story. Film yang diproduksi pertama kali pada tahun 1995 ini terhitung sudah memiliki sequel sebanyak tiga film.

Saya pribadi sih sebenarnya paling suka yang satu dan dua, tapi keseluruhan sequel tetap cocok untuk dinikmati oleh Anda dan keluarga di akhir pekan. Film yang menceritakan kehidupan dari para mainan yang dimiliki oleh seorang anak bernama Andy ini memang sangat menarik.

Kekuatan ceritanya yang sangat original membuat film animasi ini sangat melekat diingatan para penontonnya. Siapa yang bisa lupa pada saat Buzz, mainan astronaut milik Andy, yang ingin membuktikan kemampuan terbangnya sembari meneriakkan kalimat “to infinity and beyond” sesaat sebelum ia akhirnya jatuh ke lantai rumah.

6. Petualangan Sherina – Riri Riza (2000)


(Photo: Google Image)
Tentu tidak adil jika kita hanya membahas film-film produksi Hollywood saja, sementara kita memiliki film anak-anak terbaik yang pernah diproduksi senias Indonesia.

Ditengah lesunya geliat perfilman Indonesia di awal tahun 2000-an, Riri Riza Bersama Petualangan Sherina tiba-tiba muncul memberi angin segar dengan ceritanya yang fresh dan sangat menarik.


Baca Juga: 7 Film Romantis Terbaik Untuk Merayakan Hari Kasih Sayang

Bagi saya pribadi, film ini sangat amat berkesan karena film ini merupakan film pertama yang saya tonton di bioskop pada saat itu.


Saya hampir hafal setiap scenes yang terdapat di film ini, mulai dari Sherina dan Sadam (yang diperankan Derby Romero) menyanyi di halaman sekolah, sampai scene favorit saya ketika Djaduk Ferianto (yang berperan sebagai Kartarajasa) bernyanyi sambil menari dihadapan asisten pribadinya yang diperankan oleh Epy Kusnandar.

Memorable!

7. Petualangan Penangkap Petir – Kuntz Agus (2018)


Film Anak-Anak Terbaik
(Photo: Google Image)
Rekomendasi film anak-anak terbaik versi saya ini akan saya tutup dengan sebuah film anak dan keluarga yang baru saja dirilis tahun 2018 lalu.

Petualangan Menangkap Petir mengisahkan Sterling (yang diperankan oleh Bima Azriel), seorang anak yang tumbuh dengan media sosial. Di usianya yang masih sangat kecil, dia udah menjadi vlogger terkenal yang memiliki ribuan subscriber.


Suatu ketika, orang tuanya Sterling, Mahesa (yang diperankan Darius Sinathrya) dan Beth (yang diperankan Putri Ayudya), memutuskan untuk pindah tempat tinggal dari Hong Kong ke Jakarta.

Selama masa liburan sekolah dan sebelum pindah ke rumahnya di Jakarta, Mahesa dan Beth mengajak Sterling untuk berlibur di Boyolali, tempat tinggal Eyangnya (yang diperankan Slamet Rahardjo).

Di tempat itu Sterling bertemu teman-teman baru dan memulai sebuah petualangan yang tidak pernah ia pikirkan sebelumnya. Film ini menjadi salah satu film anak terbaik menurut saya karena, selain ceritanya yang menyenangkan, film ini juga banyak mengandung kearifan lokal di dalamnya.

Kapan lagi kan nonton film sambill bisa memperkenalkan tentang budaya Indonesia ke adik-adik kalian? Itu tadi 7 rekomendasi film anak-anak terbaik yang bisa saya rangkum untuk kalian semua. Semoga film-film yang saya rekomendasikan cocok dengan selera kalian, dan bisa mengisi waktu berakhir pekan kalian bersama dengan keluarga tercinta.

Siapkan popcorn Anda, dan selamat menonton!


No comments:

Powered by Blogger.