Ampuh! 11 Cara Menghilangkan Cegukan secara Cepat. Patut Dicoba

May 12, 2019
Meski kejadian biasa, cegukan kerap mengganggu aktivitas jika terjadi dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, beberapa cara menghilangkan cegukan sangat dibutuhkan untuk menangani masalah tersebut.



Sebenarnya siapapun dapat mengalami cegukan, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Cegukan sendiri terjadi karena pita suara menutup secara tiba-tiba akibat adanya kontraksi pada diafragma.
Kejadian ini kerap ditandai dengan keluarnya suara “hik” dari mulut tanpa kita sengaja.

Lantas, apa sih sebenarnya penyebab cegukan? Kenapa seseorang bisa terkena cegukan?
Untuk mengetahui hal tersebut, berikut penjelasannya untuk kamu.

Penyebab cegukan

Sebelum kita membahas soal cara menghilangkan cegukan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, apa sih itu cegukan?

Menurut medis, cegukan merupakan keadaan pada saat diafragma yang berkontraksi karena kejang, menyebabkan pita suara yang ada di tenggorokan menutup dan membuka dengan sangat cepat.

Ada beberapa faktor yang dianggap berperan penting sebagai penyebab cegukan, di antaranya:

Minum minuman yang terlalu panas;
Minum minuman mengandung soda;
Perubahan suhu yang ekstrim;
Terlalu banyak makan;
Menghisap asap rokok;
Minum minuman beralkohol;
Makan makanan yang terlalu pedas;
Makan terburu-buru dan terlalu cepat;
Masuk angin; dan
Perut kembung.

Pada umumnya, cegukan yang dialami seseorang tidak berakibat fatal. Namun, dalam beberapa kasus, cegukan dalam waktu yang lama merupakan pertanda bahwa kondisi kesehatanmu sedang terganggu.

Oleh karenanya, selain menghindari aktivitas penyebab cegukan di atas, beberapa cara ampuh dan cepat diperlukan dalam menghilangkan cegukan.

Cara menghilangkan cegukan
Setelah membaca penjabaran tentang penyebab cegukan, ternyata cegukan tidak dapat dianggap sepele.

Maka dari itu, untuk membantumu dalam mengatasi cegukan, berikut saya berikan beberapa cara menghilangkan cegukan secara ampuh yang dapat kalian coba di rumah.

1. Minum air putih

Photo: Freepik

Minum air putih merupakan cara menghilangkan cegukan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, sangat disarankan apabila kamu meminum air putih hangat daripada air putih dingin.
Sebab, air putih hangat terbukti dapat membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen, agar asupan oksigen pada tubuh dapat terpenuhi.

2. Menahan napas

Selain dengan minum air putih, umumnya orang-orang akan menahan napasnya selama mungkin sebagai cara menghilangkan cegukan yang mereka derita.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengkombinasikan gerakan meminum air sambil menahan napas. Lakukan cara tersebut dalam posisi tubuh membungkuk dan berulang-ulang hingga cegukanmu mereda.

3. Tahan napas sambil menekuk kedua lutut

Tidak hanya menahan napas sambil minum air saja, menahan napas sambil menekuk kedua lutut juga dianggap bisa digunakan sebagai cara menghilangkan cegukan yang mengganggu. Terdengar cukup aneh memang, namun beberapa orang percaya bahwa cara ini benar-benar ampuh.


4. Mengusap tenggorokan dengan es batu

Cara Menghilangkan Cegukan
Photo: Yahoo
Meski cukup sederhana, cara menghilangkan cegukan yang satu ini dianggap sebaagi cara yang cukup ampuh dan cepat mengusir cegukan. Caranya hanya dengan mengusapkan es batu pada tenggorokanmu secara perlahan. Hal ini dimaksudkan agar saraf pada leher dan tenggorokanmu tidak tegang, serta cegukan segera menghilang.

5. Minum air perasan jeruk nipis

Mungkin kamu selama ini tahu, bahwa mencampurkan jeruk nipis dan kecap dapat menghilangkan batuk. Ternyata, tidak hanya batuk, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan cegukan.

Caranya gampang sekali, minumlah air perasaan jeruk nipis secara langsung, tanpa dicampur apapun.
Sebab, kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis ampuh menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

6. Mengulum gula

Kamu bisa mengkulum gula batu atau sesendok gula pasir sebagai cara menghilangkan cegukan.
Enggak percaya? Gula sendiri dipercaya dapat merangsang otot diafragma agar tidak tegang dan cegukan dapat segera mereda.

Setelah menyiapkan gula, kulum gula tersebut selama 5 menit. Setelah itu, kamu bisa menelan atau mengeluarkan lagi gula tersebut dari mulut.


7. Oleskan leher dengan minyak kayu putih

Photo: Rally Health

Cara menghilangkan cegukan dengan minyak kayu putih memang cukup ampuh. Pasalnya, kandungan minyak atsiri dan sensasi panas ketika kita memakai minyak kayu putih dinilai dapat meredakan cegukan.

8. Bernapaslah secara teratur

Selain menahan napas, cara menghilangkan cegukan yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengatur ritme napasmu secara benar dan teratur. Hal dimaksudkan agar oksigen dan karbondioksida bisa masuk bergantian ke dalam tubuh sesuai dengan kadar yang dibutuhkan.

9. Bernapas menggunakan kantong kertas

Cara menghilangkan cegukan yang terdengar unik namun terbukti ampuh berikutnya adalah dengan bernapas menggunakan kantong kertas. Jika tidak ada, kamu juga bisa memanfaatkan kantong plastik kok.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kadar karbondioksida pada tubuhmu. Mengapa harus demikian? Sebab, karbondioksida sendiri mampu melemahkan kontraksi otot diafragma penyebab cegukan.


10. Menjulurkan lidah

Photo: Freepik

Nah, cara menghilangkan cegukan dengan menjulurkan lidah dapat kamu coba ketika kamu tidak memiliki air putih untuk diminum.

Tujuan menjulurkan lidah sendiri agar merangsang nasofaring dan saraf vagus. Sebab, saraf ini mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

11. Headstand

Saya pribadi pernah mendengar cara yang satu ini, namun tak pernah saya coba karena saya tidak bisa melakukan gerakan headstand. Namun, dari beberapa sumber yang saya dapatkan, melakukan headstand dianggap sebagai cara menghilangkan cegukan secara cepat, lho.

Hal ini disebabkan, gerakan headstand sendiri membuat peredaran darah dan oksigen jadi terbalik, sehingga mampu mengurangi cegukan. Selain 11 cara di atas, sebenarnya ada satu lagi cara yang dipercaya banyak orang dapat menghilangkan cegukan secara cepat.

Cara apakah itu? Baca terus hingga selesai ya!


Bisakah cegukan hilang karena dikagetkan?

Photo: Freepik

Dilansir melalui Brilio, seorang dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bernama Aziz mengatakan, saat seseorang kaget, ada jeda waktu sedetik saat tubuh manusia berhenti bekerja.

Pada saat itulah tubuh me-restart semua organ-organ yang ada dalam tubuh, termasuk juga mengatur ulang pernapasan kita. Selain itu, kejutan juga dapat memberi stimulasi terhadap saraf vagus yang membuat cegukan mereda.

Oleh sebab itu, cara menghilangkan cegukan dengan dikagetkan bisa kamu coba nih, kalau-kalau kamu mengalami cegukan. Tapi harus diingat lho, kagetnya harus benaran, bukan dibuat-buat ya. Hehe.

No comments:

Powered by Blogger.