10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Mudah dan Alami

May 19, 2019

Selain gatal, kutu rambut juga bisa membuat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Maka, perlu dilakukan cara menghilangkan kutu rambut secara mudah, aman dan terbukti keampuhannya.

Membasmi kutu dari rambut memang harus dilakukan sesegera mungkin. Pasalnya, kutu rambut tidak hanya menular, namun juga dapat bertelur di kulit kepala. 
Kamu tentu engga mau dong, kalau sampai kutu-kutu ini berkembang biak di kepalamu. Oleh sebab itu, berikut saya berikan cara menghilangkan kutu rambut secara mudah dan alami yang dapat kamu coba.

Simak penjabaran lengkapnya di bawah ini ya.

1. Menyerit rambut dengan sisir

Cara menghilangkan kutu rambut dengan sisir serit merupakan cara yang paling umum dilakukan masyarakat Indonesia sejak dulu. Meski demikian, cara ini tetap dilakukan karena dinilai ampuh.
Jika kamu tidak memiliki sisir serit, maka belilah sisir tersebut di toko alat-alat kosmetik. Pilihlah sisir dengan jarak antar giginya sekitar 0,2 milimeter.

Hal ini dimaksudkan, agar kutu rambut dan telurnya dapat terserit secara sempurna. Namun, jangan lupa untuk membasahi rambut kamu terlebih dahulu sebelum diserit ya.

Sebab, rambut yang basah akan memperlambat gerakan kutu pada rambut. Selain itu, dengan kondisi rambut yang basah membuat kutu menjadi lebih gampang terlihat. Oh iya, rutinlah dalam menyerit rambutmu selama 4 hari sekali sampai kutu-kutu tersebut menghilang.

2. Mengoleskan minyak zaitun

Mengoleskan minyak zaitun
Photo: Freepik
Tidak hanya menggunakan sisir serit, mengoles rambut dengan  minyak zaitun juga kerap dilakukan masyarakat sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Buat kamu yang belum tahu caranya, yang perlu dilakukan pertama kali adalah, keramaslah terlebih dahulu agar rambutmu bersih.

Setelah keramas, baru oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan lakukan pemijatan perlahan. Jangan dicuci, gunakan shower cap sebagai pembungkus rambut dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, baru bersihkan rambutmu menggunakan shampo pada saat mandi.

3. Mengoleskan minyak kelapa

Satu lagi nih, varian minyak yang dapat kamu gunakan dalam membasmi kutu rambut, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala.

Baca Juga: Wajib Tahu! 9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Para Pecinta Petai dan Jengkol

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa relatif serupa dengan cara pengaplikasian minyak zaitun. Kamu hanya perlu menyiapkan 2 sendok makan minyak kelapa yang telah dihangatkan sebentar.

Oleskan pulalah minyak kelapa pada bagian kulit kepala dan pijat selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, pasang penutup kepala dan diamkan selama tidur di malam hari. Kemudian, cuci dan bersihkan rambutmu dengan shampo keesokan paginya pada saat mandi.

4. Manfaatkan perasan lemon

Tingginya kandungan asam pada lemon, membuat buah yang satu ini ampuh dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kutu rambut dalam waktu singkat.

Namun, untuk kamu yang memiliki kulit kepala sensitif, disarakankan untuk menambahan perasaan lemon tersebut dengan sedikit air sebelum mengoleskannya pada kulit kepalamu, agar tidak iritasi. Langkah pengaplikasiannya, pertama-tama peraslah 2 buah lemon yang telah dipotong.

Setelah itu, campurkan air lemon dengan air biasa sebanyak 100 mililiter. Teteskan cairan tersebut pada kulit kepalamu, lalu lakukan pemijatan perlahan selama 5-10 menit. Biarkan selama 30-40 menit dan keramaslah menggunakan shampo serta air bersih.

5. Menggunakan asam cuka

Photo: Freepik
Serupa dengan lemon, kandungan asam pada cuka juga terkenal sangat tinggi hingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Namun, karena itu jugalah, dalam pemakaian asam cuka kamu harus berhati-hati karena zat asamnya dapat merusak bagian kulit kepalamu apabila digunakan secara berlebihan.

Agar aman, gunakan 2 sendok makan asam cuka campurkan dengan 2 sendok minyak kelapa. Oleskan pada kulit kepala sebelum tidur dan tutup dengan shower cap. Bilas hingga bersih keesokan harinya.

6. Dengan memanfaatkan mayonnaise

Sudah tahu belum kalau mayonnaise juga dapat digunakan sebagai cata menghilangkan kutu rambut?
Caranya gampang, siapkan mayonnaise secukupnya, kemudian oleskan pada kulit kepala dan lakukan pemijatan secara perlahan dan merata.

Biarkan sekitar 5-6 jam, sambil tutup rambutmu menggunakan shower cap. Setelah selesai, bersihkan rambutmu dengan shampo dan sisir menggunakan sisir serit ketika rambut sudah kering dan bersih.

7. Haluskan bawang putih dan oleskan

Bukan hanya mayonnaise, bahan makanan lain seperti bawang putih juga dapat digunakan untuk membasmi kutu pada rambut, lho. Tidak cuma itu, bawang putih juga dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang putih juga enggak sulit.

Pertama, siapkan kurang lebih 10 siung bawang putih dan haluskan menggunakan blender. 
Kemudian, siapkan juga 3 sendok teh air perasan jeruk nipis dan campurkan dengan bawang putih yang telah kamu haluskan sebelumnya. Oleskan adonan tersebut secara merata pada bagian kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sambil menggunakan shower cap sebagai penutup kepala.

Jika sudah selesai, bilas rambutmu hingga bersih menggunakan shampo.

8. Menggunakan alkohol 70 persen

Photo: Tokopedia
Bukan hanya kutu, alkohol dengan kadar 70 persen juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut berseta telurnya yang terdapat di kulit kepala. Hal ini disebabkan kandungan isoprofil yang terdapat pada alkohol, yang berkasiat membunuh bakteri.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah, tuangkan alkohol secukupnya pada telapak tangan, kemudian oleskan cairan tersbeut pada kulit kepalamu dan pijatlah dengan lembut.

Biarkan alkohol meresap selama 20-30 menit, kemudian gunakan sisir serit untuk menyerit kutu dan telur dari rambutmu. Setelah selesai, keramaslah menggunakan shampo hingga bersih. Namun ingat, kamu perlu berhati-hati dalam penggunaan alkohol tersebut, pastikan kalau bagian kulit kepalamu tidak ada yang terluka.

Sebab, alkohol dapat memberikan rasa perih apabila digunakan pada bagian kulit yang terluka. Maka dari itu, gunakan cara ini seminggu sekali saja ya, agar kulitmu tidak iritasi.

9. Memanfaatkan obat kumur

Obat kumur atau mouth wash biasa dipakai untuk membersihkan sisa makanan setelah menyikat gigi. Namun, ternyata obat kumur juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi kutu di rambut. Cara menghilangkan kutu rambut menggunakan obat kumur cukup sederhana. Tuangkan obat kumur secukupnya pada telapak tangan atau sebuah wadah kecil.

Oleskan dan pijat dengan lembut kulit kepalamu hingga cairan mouth wash tersebar merata. Seperti biasa, tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama 2 jam. Setelah itu baru bersihkan.

10. Menghindari penularan kutu rambut

Sebenarnya, tindakan mencegah akan jauh lebih baik, dibandingkan dengan tindakan pengobatan.
Oleh sebab itu, cara menghilangkan kutu rambut yang paling penting dilakukan menurut saya adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat menularkan kutu ke rambutmu. 

Seperti yang telah saya sebutkan di awal, kutu atau kutuan ternyata menular, dari orang yang kutuan ke orang yang tidak kutuan. Hal ini dapat terjadi karena kontak langsung antara kepala, maka pertama-tama hindari hal tersebut ya.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Untuk Diet yang Sehat dan Murah

Selain itu, penularan kutu juga dapat disebabkan oleh penggunaan benda-benda pribadi secara bersama-sama, seperti saling meminjam pakaian, topi, handuk, bantal, sisir, dan kasur. Oleh sebab itu, sebisa mungkin, hindari menggunakan barang-barang tersebut secara bersama-sama ya. Nah, itu tadi sepuluh cara menghilangkan kutu rambut secara mudah dan alami, yang juga dapat kamu lakukan di rumah.

Semoga info yang sayang berikan bermanfaat, selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.