8 Pertimbangan penting saat akan menyewa ruko untuk bisnis

May 20, 2019

Menjalankan bisnis menjadi pilihan banyak orang, terutama bagi Anda yang tidak ingin bekerja di sebuah perusahaan milik orang lain. Memiliki bisnis sendiri tentu akan jauh lebih menyenangkan, daripada bekerja untuk orang lain.
Selain memiliki kesempatan untuk menuangkan berbagai ide dan juga kreatifitas, bisnis juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang maksimal. Anda bisa leluasa untuk mengembangkan bisnis Anda dengan seluruh kemampuan Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis tersebut. Untuk lokasi bisnis terbaik, Anda bisa sewa ruko Surabaya yang paling strategis dan tepat.
Memiliki tempat bisnis sendiri memang akan menyenangkan, sebab Anda bisa memulai bisnis Anda dengan lebih mudah, bahkan dengan modal yang tidak terlalu besar. Namun meski Anda hanya memiliki modal terbatas dan belum memiliki properti pribadi yang bisa digunakan sebagai lokasi bisnis, menunda untuk menjalankan bisnis tentu bukan keputusan yang tepat.
Hal ini bisa membuat peluang bisnis Anda berlalu atau bahkan hilang begitu saja. Bukan hanya menunda kesuksesan Anda, kondisi seperti ini juga tentu akan membuat rencana bisnis Anda menjadi berantakan, bukan?
Jangan menunda rencana bisnis Anda, hanya karena Anda belum memiliki dana yang cukup untuk membeli properti sebagai lokasi bisnis. Untuk Anda yang berencana menjalankan bisnis di kawasan Surabaya, Anda bisa sewa ruko Surabaya yang tepat sebagai tempat bisnis Anda. 
Keputusan ini akan menjadi yang paling tepat, terutama jika Anda sudah memiliki rencana bisnis yang matang dan siap untuk dijalankan. Hal ini penting, mengingat dunia bisnis akan terus berkembang dengan cepat, sehingga berbagai rencana Anda perlu untuk segera direalisasikan. Semakin cepat Anda memulai bisnis, maka semakin cepat juga kesuksesan bisa diraih.
Namun sebagaimana keputusan penting lainnya, Anda juga perlu mencermati rencana sewa ruko Surabaya ini dengan baik. Jangan asal-asalan, Anda perlu mempertimbangkan banyak aspek guna memastikan Anda bisa mendapatkan ruko yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 
Jangan sampai Anda dirugikan atau bahkan mendapatkan ruko yang tidak sesuai dengan harapan, hanya karena tidak memiliki pertimbangan yang tepat ketika mengambil keputusan.
Penting untuk tidak mudah tergiur dengan harga sewa yang murah di bawah harga pasar. Bukannya memberikan manfaat maksimal, keputusan yang tidak tepat seperti ini tentu akan menjadi kendala di dalam bisis yang akan Anda jalankan. 
Jangan terburu-buru, luangkan waktu Anda untuk urusan yang satu ini dan pastikan Anda menemukan ruko yang tepat untuk bisnis Anda.
Simak beberapa pertimbangan penting berikut ini, yang patut Anda cermati saat akan menyewa ruko sebagai lokasi bisnis:
1.   Lokasi
Lokasi ruko tentu akan menjadi pertimbangan utama bagi Anda, mengingat Anda berencana untuk menjalankan bisnis di sana. Beberapa ruko mungkin saja tampak menarik dan memiliki beragam fasilitas yang memadai. Namun jika berada di lokasi yang tidak tepat, maka ruko seperti ini tentu bukan yang terbaik untuk Anda.
Sangat penting untuk memilih lokasi yang tepat, di mana Anda kelak bisa membangun bisnis dengan baik dan lancar. Hal ini juga berkaitan dengan beragam fasilitas pendukung di sekitar lokasi. Pastikan Anda memilih lokasi terbaik dan tepat untuk bisnis yang akan Anda jalankan, sehingga Anda bisa membangun bisnis dengan lebih mudah dan sesuai rencana.
2.       Potensi bisnis
Bisnis apa yang akan Anda jalankan? Apakah bisnis ini cocok untuk lokasi yang Anda pilih? Kedua pertanyaan ini juga menjadi hal penting, apalagi jika ini akan menjadi bisnis pertama yang akan Anda jalankan. 
Lihatlah potensi bisnis Anda di lokasi yang Anda incar dan pastikan Anda memang memiliki peluang untuk bisa sukses menjalankan bisnis ini di lokasi tersebut.  Jika Anda berencana membuka restoran atau bahkan rumah makan, maka memilih lokasi yang berdekatan dengan kawasan perkantoran atau bahkan lokasi wisata adalah keputusan yang tepat. 
Namun jika Anda berencana untuk membuka bisnis laundry, maka memilih lokasi kampus yang banyak ditinggali anak-anak kuliahan tentu akan menjadi pilihan terbaik. Berbagai pertimbangan seperti ini perlu Anda cermati dengan baik.
3.       Tingkat persaingan bisnis
Bukan hanya peluang bisnisnya saja, tingkat persaingan bisnis di lokasi tersebut juga menjadi hal penting lainnya yang tak boleh Anda abaikan. Bisnis yang ramai (menjanjikan) biasanya memiliki tingkat persaingan yang tinggi, sebab ada banyak pelaku bisnis yang membidiknya.
Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda perlu memiliki strategi tersendiri dalam mendapatkan pasar dan juga memenangkan persaingan bisnis itu sendiri. Memulai bisnis dengan tingkat persaingan yang rendah di lokasi tersebut juga bisa menjadi pertimbangan. 
Jika Anda tetap ingin menjalankan bisnis dan ada orang lain yang sudah menjalankan di sekitar lokasi yang Anda incar, maka perlu dipikirkan hal atau poin apa yang bisa diunggulkan kepada calon konsumen sehingga mereka datang pada Anda.
4.       Fasilitas
Pastikan ruko yang akan Anda sewa sudah memiliki fasilitas yang memadai, setidaknya fasilitas standar seperti listrik dan air yang baik. Hal ini penting, terutama jika Anda dan juga keluarga akan tinggal di sana. Berbagai fasilitas ini akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama tinggal di sana, termasuk kelancaran bisnis yang akan Anda jalankan di ruko tersebut.
Juga tak kalah penting soal lahan parkir. Tak sedikit pengembang membangun ruko di lahan perkotaan yang terbatas. Meskipun lokasinya itu ramai, namun tidak tersedianya lahan parkir juga bisa menyurutkan niat konsumen untuk datang ke ruko Anda. 
Karena itu, lahan parkir juga sebaiknya dipertimbangkan saat hendak sewa ruko Surabaya. Plus, lahan parkir itu juga sebenarnya bisa dikomersilkan dengan menyewakannya ke pedagang makanan yang berjualan malam hari.
5.       Keamanan dan kondisi lingkungan
Di mana lokasi ruko yang akan Anda sewa dan bagaimana kondisi umum lingkungan di kawasan tersebut? Hal ini juga patut menjadi pertimbangan, mengingat Anda akan menjalankan aktifitas bisnis di kawasan tersebut. 
Lokasi ruko yang berada di kawasan strategis dan memiliki fasilitas pendukung keamanan yang baik tentu akan menjadi pilihan yang tepat. Selain membuat bisnis Anda berjalan dengan aman dan lancar, lokasi seperti ini juga akan memberi kenyamanan bagi Anda selama tinggal di sana.
6.       Harga sewa
Harga sewa akan menjadi pertimbangan penting lainnya, apalagi jika Anda hanya memiliki budget yang terbatas untuk kebutuhan bisnis Anda. Pastikan Anda mendapatkan harga sewa yang layak dan sesuai dengan kondisi ruko yang akan Anda sewa, termasuk berbagai fasilitas yang akan Anda dapatkan di ruko tersebut.
Untuk langkah terbaik, Anda bisa melakukan perbandingan harga antara beberapa ruko sekaligus, sehingga Anda memiliki gambaran untuk harga yang layak dan paling tepat. 
Anda bisa mencari informasi sewa ruko Surabaya lewat situs listing properti yang bisa Anda akses kapan saja selama gadget Anda terhubung ke internet. Ini adalah metode pencarian ruko sewa yang praktis dan efisien tanpa harus keluar rumah.
Jika Anda sudah menemukan daftar ruko incaran, barulah Anda melakukan survei secara langsung ke lokasi ruko. Bandingkan antara satu ruko dengan ruko lainnya mulai dari harga sewa, kualitas bangunan, hingga kekondusifan lingkungan sekitar.
7.       Perlindungan asuransi
Asuransi akan memberikan perlindungan terhadap berbagai resiko yang mungkin terjadi pada sebuah bangunan (properti), sehingga penting untuk memiliki produk ini. Hal ini patut menjadi pertimbangan Anda ketika akan menyewa sebuah ruko, mengingat berbagai resiko kerusakan bisa saja terjadi pada bangunan yang Anda sewa tersebut. 
Jangan sampai Anda harus menanggung kerugian akibat berbagai resiko ini, sebab jumlahnya bisa saja sangat besar. Bukan hanya menimbulkan kerugian saja, berbagai resiko seperti ini juga tentu bisa mengganggu kelancaran bisnis Anda. Hindari berbagai resiko ini, pastikan ruko yang Anda sewa sudah memiliki perlindungan asuransi yang memadai.
8.       Isi perjanjian sewa
Jika Anda sudah menemukan ruko yang tepat dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, hindari untuk terburu-buru melakukan penyewaan. Pastikan Anda mencermati dulu isi perjanjian sewa-menyewa yang ditawarkan oleh pihak pemiliknya. Hal ini penting, sebab bisa saja menimbulkan kesalahpahaman atau bahkan kerugian di masa yang akan datang.
Cermati dengan baik berbagai informasi di dalam surat perjanjian tersebut, terutama terkait dengan hak dan kewajiban kedua belah pihak, seperti: penanganan kerusakan, pemeliharaan, dan yang lainnya. Jika ada bagian yang kurang jelas, pastikan Anda menanyakannya secara detail, sehingga Anda benar-benar memahami informasi tersebut dengan baik.
Memilih untuk sewa ruko Surabaya merupakan keputusan yang tepat bagi Anda yang ingin membangun bisnis di kawasan Surabaya. Hal ini bahkan akan sangat membantu, apalagi jika Anda hanya memiliki modal terbatas dalam membangun bisnis tersebut. 
Pastikan Anda jeli dan memilih ruko yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, sehingga bisnis tersebut bisa berkembang dengan pesat dan mendatangkan keuntungan maksimal bagi keuangan Anda. 

No comments:

Powered by Blogger.