Cara Sukses Usaha Mulai dari Nol dan Tanpa Modal

May 20, 2019
Properti memang salah satu investasi yang sangat menguntungkan, tak heran jika banyak orang berminat menggeluti bisnis yang satu ini.  Akan tetapi, tidak banyak masyarakat yang mengetahui, kiat-kiat atau cara sukses usaha mulai dari nol dalam berbisnis properti, sehingga tidak sedikit dari mereka yang merugi dan akhirnya bangkrut.

Selain itu, banyak orang akhirnya mengurungkan niatnya untuk melakukan bisnis properti karena terkendala modal dan pendanaan. Padahal, apabila kita mengetahui cara-cara dalam berbisnis properti, maka ada kemungkinan kita dapat menjalankan bisnis tersebut tanpa modal sepeserpun, lho.

Enggak percaya? Simak cara sukses usaha mulai dari nol dan tanpa modal dalam berbisnis properti di bawah ini, yuk!

Menjadi makelar properti

Menjadi makelar properti
Photo: Freepik
Cara sukses usaha mulai dari nol dan tanpa modal dalam bisnis properti adalah dengan menjadi makelar properti. Jangan remehkan pekerjaan sebagai makelar properti ya, apabila kamu lihai dalam melakukan marketing atau penjualan, maka untung besar sudah pasti kamu dapatkan.

Enggak susah, modal pertama yang harus dimiliki sebagai makelar properti adalah kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, bekali diri dengan segala informasi yang berhubungan dengan properti.

Dengan begitu, kamu akan terlihat lebih terpercaya dan profesional sebagai makelar properti.  Jika bekal awal sebagai makelar properti telah terpenuhi, mulailah debutmu sebagai makelar properti, dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang properti yang dijual di sekitarmu.

Jangan malu untuk bertanya kepada keluarga, teman, tetangga, dan lain-lain, untuk menghimpun listing properti dijual sebanyak-banyaknya. Ingat, utamakan properti yang belum diiklankan, serta berada dekat dengan domisilimu, agar kamu bisa dengan mudah mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan untuk memasarkan properti tersebut.

Setelah mendapatkan calon properti yang akan kamu jualkan, segera hubungi pemilik properti tersebut untuk menawarkan jasa makelar properti yang sedang kamu rintis. Apabila penawaran disetujui, awali usaha mulai dari nol yang telah kamu rintis dengan mengiklankan properti tersebut melalui iklan di koran, banner, atau internet.

Sebab, di zaman teknologi seperti sekarang ini, apapun dilakukan orang melalui internet, termasuk membeli properti. Maka, gunakan situs properti seperti 99.co Indonesia dalam memasarkan propertimu.

Selain itu, bukan cuma menjalankan usaha mulai dari nol, kamu juga berpotensi memulai bisnis properti tanpa modal, karena beriklan di situs 99.co Indonesia gratis!

Menjadi agen properti resmi

Menjadi agen properti resmi
Photo: Freepik
Mencari properti yang sedang dijual memang susah-susah gampang, apalagi membangun kepercayaan dengan orang yang ingin menjual propertinya. Jika hal di atas adalah penghalang bagimu dalam bertugas sebagai makelar properti, maka bergabung ke dalam agen properti resmi merupakan cara sukses usaha mulai dari nol untukmu.

Jangan anggap remeh lho,  dengan bergabung dengan agen properti resmi, maka kamu akan diberikan pelatihan dan keluar sebagai agen properti profesional, yang tentu lebih terpercaya dari makelar rumah.

Meski kamu tetap harus mencari informasi mengenai potential client yang akan dijualkan rumahnya, namun biasanya perusahaan susah memiliki database penggunanya sendiri, jadi sangat memudahkan.

Bukan hanya itu, selain tidak perlu mengeluarkan modal dalam bergabung dengan agen properti resmi, kamu juga berkesempatan memperoleh komisi dari setiap properti yang berhasil dijual.

Meski komisi tersebut akan dipotong oleh pihak kantor, namun rasanya lumayan sebagai permulaan dan belajar dalam menyiapkan usaha mulai dari nol yang sedang dirintis.

Memilih jenis bisnis properti yang tepat

Memilih jenis bisnis properti yang tepat
Photo: Pixbay
Satu lagi cara berbisnis properti tanpa perlu mengeluarkan uang yang banyak. Jika kamu memiliki rumah yang tidak terpakai, dijadikan saja sebagai homestay atau indekost. Bahkan, apabila yang kamu miliki hanya sebuah ruang kamar kosong, kamu tetap bisa lho, menjalankan bisnis yang satu ini.

Kamu hanya perlu menyewakan kamar tersebut sebagai penginapan atau kamar kost. Tidak punya rumah, tidak juga punya kamar kosong untuk disewakan, masih bisakah menjalankan jenis bisnis properti yang satu ini? Jawabannya, bisa!

Kamu bisa mencari kerabat, teman, atau saudara yang barangkali memiliki rumah kosong dan tidak terpakai untuk dikelola dan dijadikan sebagai sebuah penginapan atau rumah kost. Jika kamu bisa membuat orang tersebut percaya dan setuju, tidak cuma merintis sebuah usaha mulai dari nol, namun kamu juga melakukannya praktis tanpa modal atau dengan dana minim.

Meski terdengar mudah, namun tantangan menjalankan bisnis ini terletak pada penentuan lokasi. Pastikan properti yang akan dibisniskan strategis, seperti dekat kawasan pendidikan atau lokasi wisata.

Pasalnya, jika properti tersebut jauh dari tempat-tempat strategis, maka usaha mulai dari nol yang telah kamu rintis terancam gagal, karena jarang ada orang ingin menyewa rumah di lokasi yang tidak strategis.

Mengajukan peminjaman uang

Mengajukan peminjaman uang
Photo: Bing.com
Meminjam sejumlah uang ketika merintis usaha mulai dari nol merupakan suatu yang biasa. Namun, bukan berarti cara ini merupakan cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Pasalnya, sebagai peminjam uang tentu kita berkewajiban untuk mengembalikan uang tersebut sesuai dengan kesepatakan yang telah dibuat.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin mencoba cara yang satu ini, pastikan kamu telah memperhitungkan secara matang terkait bisnis yang akan kamu jalankan, serta pastikan semuanya akan berjalan sesuai rencana.

Sekedar tips dari saya, namun cara yang paling aman untuk meminjam uang, tentu meminjam melalui keluarga atau orang-orang terdekat. Selain lebih terpercaya, kamu juga bisa dengan lebih gampang bernegosiasi terkait pembayaran dan pembagian hasil dari penjualan properti tersebut.

Apabila tidak ada rekan atau orang terdekat yang dapat meminjamkanmu modal merintis usaha dari nol, maka cara terakhir adalah dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) ke bank.

Memang, KTA memungkinkanmu untuk dapat memperoleh pinjaman dana besar, dengan proses pencairan  yang cepat. Kamu bisa memperoleh hingga Rp500 juta, tergantung pada riwayat kreditmu.

Namun, ingatlah untuk menghitung untung ruginya sebelum meminjam uang ke bank. Selain itu, carilah suku bunga yang masuk akal, cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya tidak membebanimu.

Nah, itu tadi empat cara sukses usaha mulai dari nol. Setelah membaca ulasan di atas, sekarang kamu percaya dong, kalau bisnis properti dapat dilakukan bahkan tanpa modal?

Akan tetapi, perlu diingat juga ya, bahwa cara-cara diatas hanya bisa berjalan dengan baik apabila kamu terus berusaha dan tidak pernah menyerah dalam menjalankan bisnis tersebut.

Selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.