7 Rahasia Manfaat Minum Air Putih Untuk Tubuh

February 26, 2019
Manfaat Minum Air Putih

Manfaat minum air putih untuk tubuh manusia bukan hanya sebagai penghilang rasa dahaga dan mencegah dehidrasi. Lebih dari itu, tubuh manusia memang sangat membutuhkan air putih untuk menyeimbangkan metabolisme yang ada pada tubuh kita.

Mengkonsumsi minuman ringan seperti jus buah kemasan, kopi, dan minuman berenergi sebenarnya boleh-boleh saja. Namun apabila dilakukan secara terus-menerus dan dalam dosis yang berlebihan, maka dapat mengancam kesehatan tubuh Anda.

Anda mungkin sering mendengar anjuran, “Minum air putih delapan gelas sehari,” namun apakah ukuran tersebut cukup untuk memenuhi asupan cairan setiap orang? Kebetulan cairan masing-masing orang memang berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh dan kebutuhan asupan harian orang tersebut.

Jika Anda memiliki metabolisme yang lebih rendah dari orang lain, seperti gampang terserang penyakit dan mudah lelah, tentu Anda membutuhkan sedikit lebih banyak asupan air putih untuk diminum.

Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarakan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ML perhari atau total 2 Liter. Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan, terbilang mudah.
Tanda awal yang umumnya dirasakan ketika seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya.

Gejala lain yang mungkin juga dirasakan ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik yaitu merasa pusing, sakit kepala, mulut, bibir, dan mata terasa kering, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kurang energi, dan kelelahan.

Bagaimana, apakah Anda masih ragu atau malas untuk mengkonsumsi air putih setiap hari?
Agar membuat Anda makin yakin, saya akan menjabarkan beberapa manfaat minum air putih bagi tubuh manusia. Mari kita simak bersama-sama.

1.  Sebagai detoksifikasi tubuh


Manfaat Minum Air Putih
(Photo: iStock)
Tanpa kita sadari, setiap hari tubuh kita dihinggapi racun-racun yang datang lewat makanan atau minuman yang kita konsumsi. Selain melakukan olahraga untuk mengeluarkan racun lewat keringat, mengkonsumsi air putih juga cara paling baik untuk membantu mengeluarkan racun-racun tersebut dari dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi banyak air putih, kita akan sering buang air kecil, hal itu menyebabkan racun jahat yang ada dalam butuh keluar melalui urine. Disarankan untuk meminum air putih pada saat pagi hari, karena pada malam hari tubuh kita akan melakukan detoksifikasi pada tubuh yang membuat perut kita dalam keadaan kosong. Dengan minum air putih saat pagi, racun-racun tersebut akan dengan mudah dikeluarkan oleh tubuh.

2. Menangkal berbagai penyakit


Manfaat Minum Air Putih
(Photo: iStock)
Buat kamu yang menderita penyakit maag dan gangguan pencernaan lain, air putih merupakan obat yang ampuh untuk menangkal penyakit-penyakit tersebut. Gangguan pencernaan terjadi saat tingkat keasaman lambung meningkat, dengan banyak mengkonsumsi air putih akan membuat asam jadi lebih encer, sehingga membuat asam lambung tidak mudah turun.

Baca Juga: Sebelum Dibuang, Ketahui Dulu 3 Manfaat Teh Basi Ini

Selain maag, manfaat minum air putih juga dapat mencegah penyakit seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Dengan banyak mengkonsumsi air putih, kamu akan mempermudah dan melancarkan kinerja ginjal dan saluran kemih pada tubuh.

3. Meningkatkan kinerja otak


(Photo: iStock)
Kurang fokus? Minum air putih!
Familiar dengan iklan salah satu produsen air minum yang menceritakan tentang seseorang yang terlihat linglung karena kekurangan cairan? Otak manusia terbentuk dari 75-85 persen air. Manfaat minum air putih yang banyak membuat otak Anda terhidrasi dan bisa meningkatkan konsentrasi.
Otak yang dehidrasi bisa menyebabkan kinerjanya menurun dan membuat Anda susah fokus dalam melakukan sesuatu.

4. Menurunkan berat badan


(Photo: iStock)
Bagi Anda merupakan seseorang yang concern terhadap masalah penampilan, manfaat minum air putih ini sangat cocok untuk Anda. Iya, banyak yang telah membuktikan, bahwa dengan rutin meminum air putih dapat menurunkan berat badan.

Pasalnya, dengan banyak mengkonsumsi air putih, perut kita akan banyak terisi cairan yang menyebabkan kita cepat merasa kenyang. Namun, perlu diingat, bahwa asupan makan dan nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga dalam menurunkan berat badan, Anda juga harus melakukannya secara seimbang. Jangan lakukan diet ekstrim dengan meminum air tanpa mengkonsumsi makanan apapun.

5. Kulit dan rambut menjadi lebih sehat


(Photo: iStock)
Masih soal kecantikan, manfaat minuma air putih secara rutin juga bisa membuat kulit Anda halus dan mencegah kerontokan pada rambut. Cairan dalam tubuh yang cukup, membuat peredaran darah ke tubuh akan menjadi lebih baik.

Begitu juga pada kulit, apabila peredaran darah lancer sampai ke kulit, maka membuat kulit Anda makin sehat, segar, dan lebih bercahaya. Serupa dengan kulit, rambut juga membutuhkan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan kerontokan pada rambut.
Dengan asupan cairan yang cukup pada tubuh, rambutmu akan makin ternutrisi dan terlihat lebih sehat.

6. Menyegarkan nafas dan bau mulut


(Photo: iStock)
Tentu nafas yang tidak segar dan aroma mulut yang tidak sedap akan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Namun tidak perlu khawatir, pasalnya salah satu manfaat minum air putih adalah untuk menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut Anda.

Bau mulut sendiri disebabkan oleh kurangnya asupan air ke dalam tubuh, yang menyebabkan mulut kering dan tidak bisa menyapu partikel sisa-sisa makanan yang Anda konsumsi.
Sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam rongga mulut akan mempercepat perkembangan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Dengan rutin meminum air putih, aroma kurang sedap yang keluar dari mulut Anda lama kelamaan bakal hilang lantaran bakteri atau kuman pemicunya sudah mati. Selain itu, manfaat minum air putih juga untuk menangkal masalah bibir kering dan pecah-pecah. Dengan meminum air putih, bibir Anda akan terlihat lebih lembab dan segar.

7. Mengontrol suhu tubuh


(Photo: iStock)
Manfaat minum air putih yang terakhir adalah, sebagai pengrontol suhu dalam tubuh kita.
Lantaran air berbentuk termal yang memiliki kemampuan untuk melepas zat panas dalam tubuh, konsumsi air pada saat Anda terkena demam atau berolahraga sangat dianjurkan. Dengan mengkonsumsi air akan mempercepat proses penurunan suhu badan Anda ketika sakit, karena zat panas tersebut akan dikeluarkan melalui keringat dan urine.

Selain itu, minum air setelah berolahraga bakal mengecilkan resiko terjadinya nyeri sendi serta otot, dan menghindari kram serta keseleo. Itulah 7 manfaat minum air putih untuk tubuh Anda. Mulailah membiasakan diri untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

Namun jangan lupa, kebiasaan ini juga harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat pula. Makan makanan bergizi serta olahraga yang rutin, akan membuat metabolism tubuh Anda lebih sehat lagi.

No comments:

Powered by Blogger.