4 Film Bertema Investasi yang Wajib Anda Tonton

February 11, 2019
Selain saran untuk hiburan, menonton sebuah film juga dapat memberikan value baru yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya. 

Visualisasi yang disajikan melalui film dapat memberikan gambaran kongkrit terhadap penontonnya mengenai suatu peristiwa, serta membuat para penonton seakan diajak merasakan pengalaman yang sama dari tokoh yang diceritakan dalam film tersebut. 

Tidak terkecuali dengan film-film di bawah ini. Film-film bertemakan investasi berikut ini tidak hanya dinilai baik secara cinematography, namun juga mampu memberikan Anda pengetahuan lebih seputar dunia investasi. 


1. The Big Short (2015) 


(Photo: Google Images)

The Big Short merupakan film adaptasi novel karya Michael Lewis dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan latar belakang terjadinya krisis finansial yang menerpa Amerika Serikat sepanjang 2008-2009 silam yang membawa perekonomian global ke ambang kehancuran. 

Banyak menggunakan istilah-istilah investasi dan finansial, Adam McKay, sang sutradara film juga dianggap berhasil membuat film bertema berat menjadi lebih ringan dan mudah dimengerti, meski kita sangat awam pada istilah-istilah tersebut. 

Siapa yang tidak ingat adegan Selena Gomez dalam menjelaskan istilah synthetic CDO saat bermain poker. Atau adegan Margot Robbie yang menjelaskan istilah mortgage-backed bond di dalam sebuah bath up sembari menikmati segelas anggur. Memorable! 


2. The Wolf of Wall Street (2013) 

(Photo: Google Images)

Karya biopic paling jenius dari Martin Scorsese, sekaligus salah satu penampilan terbaik dari Leonardo DiCaprio dan Jonnah Hills di sepanjang karir berakting mereka! 

Berdasarkan kisah nyata, film ini menceritakan tentang seorang karyawan entry level bernama Jordan Belfort (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) yang bekerja di sebuah perusahaan firma pialang saham. Ketika masih berusia 20 tahunan, Belfort mendirikan perusahaannya sendiri yang diberi nama Stratton Oakmont. 

Bersama-sama dengan rekan bisnisnya Donnie Azoff (diperankan Jonah Hill) Belfort membangun kerajaan bisnisnya dengan cara menipu jutaan investor kaya. Namun, sementara Belfort dan kroni-kroninya menikmati kesuksesannya, mereka tidak sadar bahwa FBI dan SEC tengah mengincar mereka. 

Penggambaran karakter yang sangat philanthropist dan tengil, khas film dengan unsur dark comedy, membuat film ini tidak hanya dapat membuat Anda belajar mengenai skema investasi dan finansial, namun juga sangat menarik dalam segini cerita. 


3. Inside Job (2010) 

(Photo: Google Images)

Salah satu film dokumenter yang paling niat! Bagaimana tidak, sang sutradara Charles Ferguson sampai rela melakukan perjalanan ke Cina, Islandia, dan beberapa pusat perekonomian dunia demi mendapatkan kisah yang valid atas terjadinya resesi ekonomi yang terjadi di Amerika pada tahun 2008. 

Baca Juga: 5 Film Comedy Terbaik Untuk Para Pecinta Film

Meskipun terkesan sedikit membosankan dan juga membingungkan, bagi Anda yang tidak menyukai film bertema dokumenter, namun film ini memiliki muatan pengetahuan tentang finansial dan ekonomi yang sangat banyak di dalamnya. 

Ibarat sebuah pepatah, sekali dayun dua tiga pulau terlampaui. Sembari menonton, Anda juga dapat belajar dari film tersebut. Lagi pula, adanya Matt Damon yang didaulat sebagai narator dalam film dokumenter tersebut sedikit banyak (mungkin) dapat mengobati kebingungan dan kebosanan Anda dalam menonton film ini. 


4. American Psycho (2000) 

(Photo: Google Images)

Lupakan sejenak film-film berat, pada daftar film terakhir ini kita akan membahas tentang film thriller yang masih memiliki tema seputar investasi. 

Walaupun, memang, muatan tema investasi dan finansial dalam film ini sangat sedikit, namun American Psycho mampu memberikan angle berbeda perihal kehidupan para investor kaya yang mungkin tidak pernah terbayangkan oleh Anda sebelumnya. 

Secara singkat penggambaran karakter Patrick Bateman (diperankan oleh Christian Bale) tokoh utama dalam film ini mirip dengan karakter Christian Grey dalam film Fifty Shades of Grey; muda, kaya, dan "sakit".

American Psycho menceritakan tentang realitas yang terjadi di kehidupan kelas elit, serta kedepresian yang ditimbulkan akibat hidup yang mereka jalani. Film ini juga berhasil menjadi salah satu film klasik untuk kategori thriller. 

Banyak sekali memorable scenes yang terdapat pada film tersebut, mulai dari adegan adegan Patrick Bateman yang menari-nari sambal menggunakan jaket hujan sebelum membunuh, hingga adegan mengayunkan kapak dengan senyum satir yang marak dijadikan meme di dunia maya. 

Demikian empat film bertema investasi yang dapat Anda jadikan referensi tontonan Anda di akhir pekan. Semoga dapat menghibur serta menambah wawasan Anda seputar dunia investasi.

No comments:

Powered by Blogger.