Deretan Film Horror Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

March 07, 2019
Film Horror Indonesia

Dari zaman dahulu kala, film horror tidak pernah keluar dari top list genre film favoritnya orang-orang Indonesia. Bahkan, berkat kepopuleran genre horror di Indonesia, film-film horror ini mampu menghadirkan beberapa nama besar yang menjadi legenda perfilman di Indonesia, seperti Suzzana. Saking melekatnya karakter Suzzana sebagai ratu film horror Indonesia, namanya bahkan dijadikan sebuah judul film horror di tahun 2018.

Larisnya genre film horror di Indonesia tidak lepas dari latar belakang budaya kita yang sangat dekat dengan hal-hal klenik dan juga mistik. Masyarakat terbiasa dengan hal tersebut, mereka menyukainya, sehingga pada saat tema-tema seperti ini divisualkan dalam bentuk film, tentu menjadi sebuah barang jualan yang laku di pasaran.

Sebenarnya tidak masalah, jika para pembuat film berlomba-lomba untuk membuat film ber-genre horror. Namun yang sangat disayangkan adalah, film-film ini kerap dibuat jauh di bawah standar. Mereka memproduksi film horror karena tahu masyarakat menyukainya, namun mereka enggan untuk menyajikan sebuah tontonan yang layak untuk para penontonnya.

Puncaknya pada tahun 2000-an awal sampai dengan 2016, film horror Indonesia kerap kali dibumbui dengan komedi rendahan, serta adegan sensual murahan, yang tidak seharusnya ada pada genre film apapun, kecuali film dewasa. Akibat dari hal tersebut, geliat sinema Indonesia meredup, masyarakat enggan ke bioskop untuk menonton film Indonesia.

Namun, pada tahun 2017, harapan akan kebangkitan genre film horror Indonesia kembali muncul.
Beberapa judul film horror diproduksi, serta banyak mendapatkan komentar positif dan laku di pasaran dan membuat masyarakat kembali ke bioskop untuk menonton film horror Indonesia. Satu di antara film tersebut bahkan berhasil masuk ke dalam jajaran film box office Indonesia, dengan torehan penonton sebesar 4,1 Juta orang.

Hal itu seakan menjadi bukti bahwa, jika digarap secara baik dan serius, genre film horror bisa kok bersaing dengan genre-genre film lainnya. Nah, setelah berpanjang lebar membahas film horror Indonesia, tentunya kalian udah tahu dong hari ini saya mau bahas apa?

Tepat! Siapkan popcorn kalian, karena hari ini saya bakal memberikan rekomendasi film horror Indonesia terbaik sepanjang masa, yang menurut saya wajib dan layak untuk kalian tonton. Tapi ingat lho, jangan tonton film-film ini sendirian, kalau kamu enggak mau ada yang tiba-tiba “nemenin” kamu nonton di belakang. Hihi.

Satu hal lagi, sebelum dimulai saya ingin mengatakan, bahwa tulisan ini mungkin akan mengandung sedikit spoiler.  Jadi bagi kamu yang belum menonton film-film tersebut, mohon maaf ya.
Sudah siap? Mari sama-sama kita simak daftarnya!

9. Lentera Merah – Hanung Bramantyo (2006)


Film Horror Indonesia
Photo: Wikipedia
Di urutan ke delapan film horror Indonesia terbaik adalah buah karya sutradara Indonesia, Hanung Bramantyo. Sejujurnya, meski saya bukan penggemar karya-karya beliau, namun saya cukup mengapresiasi keniatan Hanung untuk membuat sebuah film horror berkualitas di tengah buruknya citra film horror pada saat itu.

Bercerita tentang kehidupan sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam sebuah organisasi bernama Lentera Merah, yang dihantui pada saat mereka sedang melaksanakan kegiatan orientasi anggota baru di kampus.

Latar belakang sejarah yang diangkat pada film ini juga menarik. Meski dalam porsi yang tidak terlalu banyak, namun Hanung berani menangkat topik sensitif soal PKI dan pergerakan press kampus pada saat tahun 60-an.

Penulisan naskah yang baik, membuat film ini seram tanpa dibuat-buat, penonton diajak memecahkan teka-teki yang menjadi konflik pada film tersebut.

8. Bayi Ajaib – Tindra Rengat (1982)


Film Horror Indonesia
Photo: IMDb.com
Meski banyak yang menganggap bahwa cerita dari film ini biasa saja, namun film ini cukup berkesan untuk saya. Kisah dari film ini bermula ketika seorang bernama Kosim (diperankan Muni Cader) yang berambisi untuk menjadi seorang lurah di kampungnya, rela menggunakan segala cara untuk menjatuhkan para pesaingnya demi mewujudkan cita-citanya.

Tidak tinggal diam, Dorman seorang warga keturunan Portugis, yang merupakan pesaing Kosim dalam memperebutkan posisi sebagai lurah lantas menggunakan arwah nenek moyangnya untuk mengguna-guna Kosim.

Baca Juga: 5 Film Comedy Terbaik Untuk Para Pecinta Film

Plot bayi ajaib hadir ketika istri Kosim yang bernama Sumi (diperankan Rina Hassim) hamil. Berkat guna-guna dari Dorman, beberapa kejadian aneh meliputi Sumi yang tengah mengandung. Sampai akhirnya bayi tersebut lahir, dan hal-hal janggal mulai terlihat dari anak tersebut.

Satu hal yang membuat film ini sangat menarik adalah, banyak sekali adegan-adegan yang terjadi di film ini yang justru masih relevan untuk diterapkan pada film horror di zaman sekarang. Contohnya, seperti tangan yang keluar dari toilet dan adegan kepala terbang. Adegan-adegan tersebut seakan menjadi klasik scence yang ada pada sebuah film horror.

Menurut saya, cerita dari film ini memang tidak lagi relevan jika di aplikasikan pada masa sekarang, namun adegan yang terdapat pada film ini justru menjadi inspriasi bagi para pembuat film horror Indonesia di masa sekarang.

7. Pocong 2 – Rudy Soedjarwo (2006)


Film Horror Indonesia
Photo: Google Images
Film ini dapat dikatakan sebagai salah satu film horror Indonesia yang cukup kontroversial. Mengapa? Karena Pocong 2 hadir sesaat setelah sekuel pertamanya ‘Pocong’, dicekal oleh Lembaga sensor film dan dilarang untuk ditayangkan, karena memuat adegan yang terlalu sadis dan brutal. Pencekalan tersebut seakan menjadi “promo gratis” untuk sekuel kedua dari film pertamanya yang tidak pernah tayang itu.

Banyak masyarakat justru penasaran, seberapa seramnya sih film ini, sampai akhirnya dicekal oleh Lembaga sensor. Buat kamu yang belum menonton film Pocong 2, saya sarankan untuk membulatkan terlebih dahulu tekad dan keberanian kalian.

Baca Juga: 4 Film Bertema Investasi yang Wajib Anda Tonton

Pasalnya, film garapan Rudy Soedjarwo ini dihiasi dengan scene jump scare yang bakal membuat kamu kaget bukan kepalang. Selain itu, permainan audio yang apik juga menambah nuansa seram pada film ini menjadi lebih kental dan terasa.

Cerita dari film ini sebenarnya sederhana, bercerita soal kakak-beradik yang bernama Maya (diperankan Revalina S. Temat) dan adiknya Andin (Risty Tagor) yang pindah ke sebuah apartemen baru.

Tanpa sepengetahuan mereka, ternyata apartemen yang mereka tempati sekarang merupakan bekas lokasi pemerkosaan dan pembunuhan. Well, udah ketebak ya, pastinya mereka dihantui setelah itu. Meskipun memiliki cerita yang cukup sederhana, balik lagi, film ini bisa banget membuat kalian jadi parno buat meluk guling kalian ketika tidur. Hehe.

6. Jelangkung – Rizal Mantovani dan Jose Poernomo (2001)


Film Horror Indonesia
Photo: Google Images
Datang tak dijemput, pulang tak diantar. Familiar dengan kalimat tersebut? Iya, kalimat tersebut merupakan sebuah mantra pemanggilan arwah dari permainan Jelangkung. Film yang diangkat dari urban legend Indonesia ini, menurut saya sangat cocok dimasukkan ke dalam jajaran film horror Indonesia terbaik.

Sebab, Pada saat penangannya, film Jelangkung sukses berat dan menjadi buah bibir di masyarakat. Film ini seakan menjadi pengobat dahaga atas lesunya industry film Indonesia saat itu. Film ini mengisahkan tentang empat sekawan yang memang tengah berburu tempat-tempat angker guna mendapatkan pengalaman mistis.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Anak-Anak Terbaik

Tak kunjung mendapatkan hasil, mereka kemudian memutuskan untuk menggunakan ritual Jelangkung sebagai alat pemanggil makhluk-makhluk gaib tersebut. Hal tersebut berhasil, mereka tidak hanya mendapatkan pengalaman mistis, namun juga malapetaka yang menghantui mereka.

Jujur saja, Jelangkung merupakan salah satu cerita film horror Indonesia yang paling saya suka. Karena tidak hanya seram, namun film ini juga sangat entertaining untuk ukuran film horror Indonesia.

5. Modus Anomali – Joko Anwar (2012)


Film Horror Indonesia
Photo: Google Images
Sebelum film Pengabdi Setan booming pada tahun 2017, Joko Anwar sebetulnya sudah mengeluarkan beberapa film ber-genre horror dan Thriller, salah satunya film ini, Modus Anomali. Modus Anomali merupakan film yang sangat membekas untuk saya pribadi.

Pasalnya, gara-gara menonton film ini, saya tidak pernah berani lagi menonton film horror apapun selama beberapa lama. Jalan cerita yang tidak biasa, plot yang sangat tidak tertebak, scoring yang epic, dan cinematography yang berkelas, membuat film ini layak menyabet gelar salah satu film horror Indonesia terbaik.

Saya tidak akan berpanjang lebar membahas film ini, namun jika kamu menyukai film yang membuat kamu berpikir keras, maka film ini cocok buat kamu. Siap-siap untuk tercengang, cemas, panik, dan kebingungan pada saat menonton film ini ya!

4. Pengabdi Setan – Sisworo Gautama Putra (1980)


Photo: Google Images
Iya, sebelum kamu mengenal film Pengabdi Setan yang di sutradarai oleh Joko Anwar, film Pengabdi Setan pertama kali diproduksi Rapi Films pada tahun 1980 dan di sutradarai Sisworo Gautama Putra. Film horror Indonesia ini merupakan film yang paling terkenal sekaligus yang paling terrifying di zamannya.

Berceritakan tentang sebuah keluarga yang kaya raya namun jauh dari agama. Keanehan di keluarga ini mulai terungkap saat sang ibu meninggal. Mulai dari penampakan kuntilanak, hingga sosok pembantu baru yang misterius, dan terbunuhnya penjaga rumah semakin memberikan teka-teki aneh untuk mengungkap latar belakang yang disembunyikan oleh keluarga ini.

Meskipun memiliki ending yang hampir seragam dengan film horror Indonesia zaman dulu (tokoh protagonis bertarung dengan tokoh protagonis), namun secara keseluruhan film ini menawarkan sensasi yang cukup berbeda dari film horror Indonesia kebanyakan. Walau termasuk film klasik, namun scene-scene horror yang terdapat pada Pengabdi Setan dirasa sangat relevan bahkan sampai sekarang. Berbeda dengan film-film horror jadul lain yang menampilkan adegan horror klise dan tidak masuk akal.

3. Sundel Bolong – Sisworo Gautama Putra (1981)


Photo: Google Images
Tidak afdol rasanya, apabila kita membahas soal film horror Indonesia, namun kita tidak memasukkan satu judul film pun yang diperankan oleh Suzzana, ratu film horror Indonesia. Setahun setelah memproduksi Pengabdi Setan, Sisworo Guatama Putra kembali berkolaborasi dengan Rapi Films dalam membuat film horror epic berjudul, Sundel Bolong.

Film yang luar biasa terkenal dan memorable-nya bagi masyarakat Indonesia ini memang sangat sukses mencuri hati para penontonnya. Bagaimana tidak, meski diproduksi pada tahun 1981, namun siapa yang tidak ingat dengan kalimat, “Bang, sate 100 tusuk” yang terdapat pada film tersebut?
Kalimat tersebut terniang sampai dengan sekarang, dan menjadi sebuah kalimat paling memorable yang pernah dibuat oleh film horror Indonesia manapun juga.

Penggabungan antara penulisan naskah yang baik, penggambaran karakter yang jelas, set lokasi, scoring, sampai dengan akting pemerannya yang ciamik membuat film ini sukses besar dipasaran.

2. Rumah Dara – The Mo Brothers (2009)


Film Horror Indonesia
Photo: IMDb.com
Benar, The Mo Brothers lah sang creator dari film sakit ini! Malang melintang sebagai duo sutradara spesialis genre horror, Mo Brothers hadir dengan konsep horror slasher yang pada saat itu, bisa dibilang jarang di Indonesia.

Pada saat akan menonton film ini saya merasa agak apatis, mungkin film ini akan sama saja dengan film horror slasher pada umumnya, yang lebih banyak menjijikkannya daripada seramnya. Namun setelah menonton film ini, praktis saya tidak dapat berkata apapun. Cuma kagum, kagum, dan kagum!

Ide cerita yang original, karakter yang kuat, cinematography yang apik, scoring dan sound effect yang mampu membuat kamu sebagai penonton ikut merasa terancam, bak pemeran dalam film tersebut.

Well, tidak butuh waktu yang lama bagi saya untuk memutuskan film ini berada pada posisi ke-2 teratas deretan film horror Indonesia terbaik sepanjang masa. Beberapa scene yang terdapat pada film ini juga sangat memorable, mulai dari sosok Dara (diperankan Shareefa Danish) yang berlari sambil membawa chainsaw, sampai dengan adegan tangan tertusuk pisau yang ditancapkan dari balik pintu. Ngeri!

1. Pengabdi Setan – Joko Anwar (2017)


Film Horror Indonesia
Photo: Google Images
Dan akhirnya, sampailah kita pada jawara film horror Indonesia terbaik sepanjang masa, Pengabdi Setan buah karya sutradara Joko Anwar. Mengapa film Pengabdi Setan versi Joko Anwar lebih baik daripada versi Sisworo Gautama Putra, saya rasa hal ini berhubungan dengan perbedaan zaman saja.
Film Pengabdi Setan karya Joko Anwar jelas mengusung cerita yang lebih fresh dibandingkan versi sebelumnya.

Namun, yang saya suka dari film ini adalah, Joko Anwar tidak merubah secara total alur cerita dari Pengabdi Setan versi yang lama. Hal tersebut membuat saya, yang telah menonton film Pengabdi Setan versi lama tidak kehilangan cita rasa dari film tersebut. I can relate, kalau kata anak sekarang. Dengan jalan cerita yang menarik, penggambaran karakter yang baik, cinematography yang epic, membuat film ini effortlessly terrifying.

Sisi horror pada film ini sangat natural dan tidak dipaksakan, apalagi dengan menggunakan jump scare murahan, tidak ada sama sekali! Plotnya juga sangat sulit untuk ditebak. Sosok hantu di film ini hadir tanpa menggunakan Teknik jump scare khas film horror kebanyakan.

Baca Juga: 7 Film Romantis Terbaik Untuk Merayakan Hari Kasih Sayang

Kamu mungkin mengira sesosok hantu akan datang dari belakang badan pemeran setelah camera mengambil frame close up, ternyata dugaan kamu salah! Sosok hantu tersebut malah keluar dengan cara yang berbeda. Hal tersebut yang membuat para penontonnya tidak henti menjerit dan menahan nafas sepanjang film tersebut diputar.

Tidak salah ya, kalau film ini laris-manis di pasaran. Tidak hanya Indonesia, bahkan juga di luar negeri. Di Indonesia sendiri, Pengabdi Setan besutan Joko Anwar berhasil merauk penonton sebanyak 4,1 Juta, serta berhasil meraih banyak penghargaan dari berbagai macam festival film nasional dan internasional.

Itu tadi 9 film horror Indonesia terbaik sepanjang masa yang dapat saya rangkum untuk kalian semua.
Setelah membaca artikel ini, apakah kalian tertarik untuk menonton film-film tersebut? Jika sudah pernah, mana di antara film horror Indonesia tadi yang menjadi favorit kalian? Sekian tulisan dari saya, semoga apa yang saya tulis kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Selamat menonton!

No comments:

Powered by Blogger.