3 Manfaat Masker Tomat dan Cara Mudah Membuatnya

March 10, 2019
Salah satu jenis sayuran ini memiliki banyak vitamin dan mengandung zat lycopene yang bagus dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak dan sebagai anti-aging. Tak hanya untuk dimakan, tomat juga dimanfaatkan sebagai masker.

manfaat masker tomat


Jadi tak heran ya kalau banyak produk perawatan kulit berbahan dasar tomat karena banyak sekali manfaat masker tomat untuk wajah yang bisa Anda rasakan.

Tapi selain untuk kulit, tomat juga sebenarnya bagus lho untuk kesehatan mulai dari pencernaan, mata, rambut dan juga tulang.

Yang menarik, buah ini mudah sekali didapat dengan harga yang relatif murah. Jadinya Anda bisa melakukan perawatan alami sekaligus murah meriah untuk wajah dan tubuh.

Tomat tidak hanya bisa membuat dirimu lebih sehat, kandungan vitamin C-nya bisa membantu mengurangi jerawat dan kulit gelap.

Meski sudah banyak produk perawatan kulit berbahan dasar tomat dan bisa digunakan secara instan, tak ada salahnya juga kan Anda meracik masker sendiri dengan menggunakan bahan yang masih segar dan tentunya alami. 

Yuk, intip cara membuat dan apa manfaat masker tomat yang bisa Anda rasakan!

1. Manfaat masker tomat, mengecilkan pori wajah serta mencegah jerawat

Jika kotoran dan debu bersarang di wajah, maka ini bisa jadi sumber penyebab pori wajah jadi terlihat membesar dan timbulnya jerawat.

Dengan mencoba masker tomat pada wajah, lalu dibersihkan dengan air dingin, akan membuat pori wajah terlihat mengecil dan kulit terasa kencang.

Selain itu jerawat juga menjauh, karena tomat mengadung Vitamin A dan C yang bisa jadi antioksidan, dimana tak hanya ampuh untuk mengatasi jerawat tapi juga menghilangkan noda hitam pada wajah. 

Oya, kandungan vitamin ini juga bisa mengurangi kelebihan minyak di wajah lho!

2. Manfaat masker tomat, membuat kulit lebih putih dan cerah

Caranya cukup menggunakan satu buah tomat matang lalu ambil daging buahnya dan haluskan. Sebelum mengoleskan tomat, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu ya

Barulah kemudian oleskan masker tomat ke wajah dan bagian leher juga, lalu diamkan selama beberapa menit hingga mengering. Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu keringkan, dan terakhir bilas lagi dengan air suhu normal. 

Oya, untuk efek yang lebih baik lagi, Anda bisa coba dan rasakan juga manfaat masker tomat dan madu.

Kalau Anda ingin mendapatkan hasil yang cepat, bisa pakai masker ini secara rutin yakni 3 kali seminggu ya!

3. Manfaat masker tomat, menghaluskan kulit wajah

manfaat masker tomat

Tomat dipercaya ampuh juga dalam membersihkan kulit dari kotoran dan sel kulit mati, yang menyebabkan wajah jadi terlihat kusam dan berjerawat. 

Nah selain manfaat di atas, dengan menggunakan tomat, Anda akan bisa mendapatkan kulit wajah yang juga halus. Lengkap ya?! 

Caranya pun sangat mudah, Anda tinggal mencampurkan tomat dengan sedikit gula untuk membantu proses pengangkatan sel kulit mati (eksfoliasi). Lakukan selama lebih kurang 5 – 10 menit dan akhiri dengan pembilasan menggunakan air bersih.

Baca Juga: Selain untuk Pencernaan, Ini 13 Khasiat Buah Pepaya

Anda bisa coba cara ini sebanyak 3 kali seminggu.

Dan seperti yang diungkapkan sebelumnya, masker tomat tidak hanya bisa bermanfaat jika digunakan sendiri, karena juga bisa dibuat dengan campuran. Selain dengan madu untuk membuat kulit lebih cerah, ada lagi campuran lain yang bisa digunakan.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan campuran dan bisa membantu meningkatkan manfaat masker tomat untuk wajah sehingga memberikan efek yang tak kalah luar biasa:

1. Masker tomat dan jeruk nipis

Untuk campuran yang satu ini, selain masker tomat dan jeruk nipis, campurkan juga bahan lain yaitu gula merah.  Dengan membuat masker ini, Anda bisa membuat kulit wajah terlihat lebih bercahaya.

Caranya cukup dengan mengoleskan ke wajah dan leher sekitar 25 menit, kemudian cuci dengan air bersih ya!

manfaat masker tomat

2. Masker tomat dan kentang

Ini merupakan perpaduan bahan yang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga tak diragukan lagi manfaatnya untuk kulit wajah.

Caranya gunakan satu buah tomat segar dan kentang yang telah dikupas dan direbus. Lalu haluskan kedua bahan dan dicampur hingga merata. 

Barulah setelah itu oleskan pada wajah, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Masker tomat dan alpukat

Kombinasi tomat dan alpukat yang dijadikan masker, dipercaya ampuh untuk menghilangkan komedo. 

Caranya gunakan satu buah tomat dan setengah daging buah alpukat, lalu haluskan dan aplikasikan merata ke seluruh wajah. 

Dan khususnya di area berkomedo, sebaiknya gosok dengan lembut selama lebih kurang 10 menit. Masker ini aman juga lho untuk digunakan setiap hari.

4. Masker tomat dan timun

Masih seputar sayuran dan buah, tomat juga bagus dicampur dengan timun. Tambahkan sesendok madu lalu haluskan dan oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

Kombinasi keduanya bisa mencerahkan, melembabkan dan menghaluskan serta mengurangi minyak wajah.

5. Masker tomat dan oatmeal

manfaat masker tomat

Untuk membuat masker yang satu ini kamu bisa campurkan 2 sendok makan oatmeal dan dicampurkan dengan satu buah tomat yang sudah dihaluskan. 

Bila perlu tambahkan perasan air lemon. Sama dengan campuran sebelumnya, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bersihkan.

Campuran tomat dengan oatmeal ini bisa membantu pengelupasan kulit mati, sehingga membuat wajah lebih halus.

6. Masker tomat dan olive oil

Olive oil memang sudah dikenal sejak lama bagus untuk melembapkan kulit. Caranya pun sangat mudah, dimana Anda cukup mencampur tomat yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun, lalu pulaskan ke wajah.

Setelah 20 menit, bersihkan dengan air hangat sambil dipijat memutar ya! Karena fungsinya yang melembapkan, masker ini cocok untuk yang bermasalah dengan kulit wajah kering.

7. Masker tomat dan yoghurt

Selain dengan oatmeal, tomat juga bagus lho jika dicampurkan dengan yoghurt.  Untuk yang kulit wajahnya kering, kamu bisa gunakan satu buah tomat dan satu sendok makan yoghurt.

Caranya aduk rata saja tomat yang sudah dihaluskan dengan yoghurt lalu aplikasikan merata ke wajah dan leher, diamkan sejenak lalu bilas hingga bersih. 

Campuran bahan ini bisa membuat kulit wajah Anda lebih putih dan cerah sekaligus ampuh untuk mengobati iritasi seperti kemerahan dan gatal.

Ternyata banyak juga ya manfaat masker tomat. Apalagi membuatnya juga mudah, bahkan banyak pilihan bahan alami lainnya yang bisa dijadikan campuran.

manfaat masker tomat


Jadi, sekarang sudah siap membuat masker tomat? Selamat mencoba ya!

No comments:

Powered by Blogger.