Banyak Penyebabnya, Ini 9 Cara Menghilangkan Mata Panda

March 18, 2019
Namanya mungkin terdengar lucu ya, tapi kalau ini Anda alami tentunya tidak menyenangkan, karena bisa mengganggu penampilan. Yuk, cari tahu bagaimana cara mengilangkan mata panda.

Lingkaran hitam di sekitar mata bisa terjadi pada usia berapa pun. Jika tidak ditangani sejak awal misalnya di usia masih kecil, maka ini bisa jadi permanen hingga dewasa.

Kebanyakan orang menyalahkan faktor kurang tidur yang membuat munculnya mata panda. Namun, sebenarnya banyak lho faktor penyebabnya. Apa saja ya?

cara menghilangkan mata panda
photo : iStock
Mata panda bisa disebabkan oleh faktor lingkungan seperti pengaruh paparan sinar matahari berlebih, atau bisa juga dari dalam, misalnya ada alergi tertentu, faktor usia dan keturunan.

Lalu juga bisa karena faktor hormonal misalnya pada ibu hamil. Karena perubahan hormonal bisa membuat kulit lebih gelap dan melebarkan pembuluh darah di sekitar mata. 

Pengaruh lain seperti makanan yang dikonsumsi khususnya makanan yang tinggi kandungan garam, kafein, hingga tembakau, serta stres dan pola istirahat yang buruk, seperti kurang tidur. 

Wah, banyak juga ya penyebab mata panda.

Tapi jangan khawatir, karena cara menghilangkan mata panda pun ada banyak kok, yang bisa Anda coba dengan mudah:

1.Cara menghilangkan mata panda pakai sendok atau kompres dingin

Siapkan dua buah sendok dan masukkan ke dalam freezer, diamkan beberapa menit hingga dingin, atau rendam ke dalam air es. 

Lalu tempelkan bagian cembung sendok yang sudah dingin ke  kelopak mata bagian bawah. Lakukan gerakan melingkar menggunakan sendok hingga sensasi dingin pada sendok menghilang.

Sendok juga bisa diganti dengan lap kompres yang sudah dibasahi dengan air dingin ya..

2. Cara menghilangkan mata panda dengan irisan timun atau kentang

cara menghilangkan mata panda
photo : iStock
Caranya kurang lebih sama dengan sendok atau lap dingin, dimana Anda irisan timun atau kentang harus disimpan dulu beberapa waktu dalam kulkas.

Lalu keluargkan irisan tersebut, dan tempelkan di area mata (menutupi mata) selama lebih kurang 25 menit. Lakukan ini secara rutin 2 kali sehari untuk hasil maksimal ya..
Timun sendiri memiliki sifat astrigen yang berguna untuk memperlancar peredaran darah di lapisan permukaan kulit sehingga bisa menghilangan kantung mata. 

Sementara pati dalam kentang yang jika didinginkan, dinilai ampuh mengurangi pembengkakan pembuluh darah di bawah mata, penyebab munculnya lingkaran hitam.

3. Cara menghilangkan mata panda dengan parutan bengkoang

Jika timun dan kentang bisa diiris saja, untuk bengkoang sebaiknya diparut hingga halus ya

Setelah itu baru oleskan parutan tersebut pada area kantung mata, dan diamkan selama 10-15 menit baru kemudian dibersihkan. 

Kandungan dalam bengkoang seperti vitamin C dan B1 yang cukup tinggi, bermanfaat untuk memutihkan kulit. Ditambah lagi kandungan air yang tinggi dianggap bisa mengatasi kantung mata.

4. Cara menghilangkan mata panda dengan kantung teh

cara menghilangkan mata panda
photo : iStock
Selain bahan alami di atas, ada lagi nih, cara mudah menghilangkan mata panda, yakni menggunakan kantung teh celup

Anda hanya perlu memasukkan kantung teh dalam air dingin, lalu simpan di kulkas. Tempelkan kantung teh di sekitar mata selama lebih kurang 30 menit, lalu cuci mata. 

Kandungan alami dari teh dinilai bisa membantu menghilangkan mata panda dan mengembalikannya lebih segar.

Lalu kandungan tanin dalam teh juga bisa menyempitkan pori-pori kulit dan mengencangkannya.

5. Cara menghilangkan mata panda dengan minyak zaitun atau susu 

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E, yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang sudah dibersihkan, tentunya diutamakan di bagian kantung mata. Biarkan semalaman, dan esoknya cucilah wajah.

Lakukan perawatan ini secara rutin sebelum tidur di malam hari, ya..

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa mengoleskan susu ke sekitar mata. Diamkan selama 20-30 menit, susu akan membantu menghidrasi mata sekaligus mendinginkannya. 

6. Cara menghilangkan mata panda dengan campuran madu

Cara menghilangkan mata panda
photo : iStock
Nah untuk bahan alami yang satu ini banyak pilihan yang bisa Anda coba. Mulai dari menggunakan madunya saja yang efektif untuk melembabkan, membersihkan dan mencerahkan kulit.

Caranya juga mudah, yakni tinggal oleskan setengah sendok teh madu di area sekitar mata, lalu diamkan selama satu jam.

Tapi kalau mau hasil lebih maksimal, Anda bisa mencampur madu dengan jus timun, pisang, atau air lemon.

7. Cara menghilangkan mata panda dengan putih telur 

Putih telur dengan kandungan protein, memang sudah dikenal luas manfaatnya dalam perawatan kulit wajah. Bahkan untuk masalah mata panda, putih telur juga bisa diandalkan.

Anda tinggal aplikasikan putih telur yang telah dikocok ke area mata panda, dan diamkan selama 20 menit lalu bersihkan muka dengan air dingin. 

Cara ini tak hanya akan menghilangkan mata panda, tapi juga mengencangkan kulit bagian mata.

8. Cara menghilangkan mata panda dengan istirahat cukup dan pola hidup yang benar

Cara menghilangkan mata panda
photo : iStock
Seperti yang disebutkan sebelumnya, mata panda juga bisa disebabkan oleh kurangnya wkatu istirahat. 

Maka dari itu, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup, minimal 7 jam sehari. Lalu usahakan juga untuk mengatur posisi tidur.

Sebaiknya posisi kepala sedikit terangkat, dengan cara menambah bantal. Karena ini bisa membantu mencegah cairan menumpuk di sekitar mata saat tidur.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Dia 5 Jenis Makanan yang Mengandung Kalsium

Kalau bisa hindari alkohol dan kafein juga ya, karena selain bisa mengganggu jam tidur, ini juga bisa menyebabkan dehidrasi ringan, dan membuat lingkaran hitam sekitar mata makin terlihat jelas.

Asupan cairan yang cukup membuat Anda terhindari dari dehidrasi dan akan membantu mencegah kantung mata. Jadi pastikan Anda banyak minum air putih, setidaknya 8 gelas sehari ya...

9. Cara menghilangkan mata panda karena kondisi medis dan penyebab khusus

Sebelumnya sudah disinggung mengenai berbagai macam penyebab mata panda, di antaranya adalah kondisi medis tertentu.

Kondisi tertentu misalnya adalah alergi, maka caranya tentu harus menghindari penyebab alergi dan mengonsumsi obat alergi.

Tapi kalau penyebab mata panda karena faktor pembuluh darah yang rusak, maka Anda harus menemui dokter kulit, untuk mendapatkan penangan seperti LaDermal filler,  atau laser dan vitamin K kalau penyebabnya pembuluh darah yang pecah. 

Dokter juga bisa memberikan krim pemutih khusus seperti retinol, asam kojic, Vitamin C dan sebagainya jika penyebab mata panda adalah tingginya melanin atau hiperpigmentasi.

Langkah terakhir, jika semua cara di atas tidak ampuh dalam menghilangkan mata panda, maka Anda bisa mencoba operasi kelopak mata atau blepharoplasty.

Ini merupakan proses mengeluarkan kelebihan lemak, otot dan kulit di kelopak mata. Proses ini sekaligus bisa mengurangi kelebihan kulit kelopak mata bagian atas dan bawah yang dapat mengganggu penglihatan. 

Tapi tentunya cara ini harus dengan konsultasi dokter terlebih dahulu ya..

No comments:

Powered by Blogger.