11 Menu Makanan Untuk Diet yang Sehat dan Murah

March 20, 2019
Makanan Untuk Diet

Menjaga penampilan menjadi sebuah keharusan bagi banyak orang. Tidak hanya wanita, kaum pria pun sekarang ingin memiliki bentuk badan yang ideal. Banyak orang lantas melakukan berbagai macam cara untuk mewujudkan keinginannya tersebut, mulai dari melakukan tindakan medis, sampai dengan berolahraga.

Tindakan medis seperti sedot lemak tentu menghabiskan banyak biaya, selain itu, sedot lemak juga berisiko sangat tinggi bagi kesehatan manusia. Salah-salah, bukannya mendapatkan bentuk badan ideal, kamu malah menderita berbagai macam penyakit setelah melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Selain untuk Pencernaan, Ini 13 Khasiat Buah Pepaya

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan bentuk badan ideal tentu dengan melakukan olahraga. Namun, dengan berolahraga saja ternyata tidak cukup bila tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat.

Saat ini mungkin kita dimudahkan dengan banyaknya restoran dan layanan cathering yang menyediakan makanan untuk diet sehari-hari. Akan tetapi, menu makanan untuk diet yang banyak dijual saat ini memiliki harga yang cukup menguras kocek.

Padahal, banyak sekali menu makanan untuk diet yang bisa kamu temukan secara mudah dan memiliki harga yang cukup murah. Selain mudah dan murah, menu makanan untuk diet ini tentu memiliki rasa yang lezat. Jadi, siapa bilang kalau diet itu mahal dan menyiksa? Untuk tahu lebih jelasnya, kita simak sama-sama penjelasan di bawah yuk.

1. Yoghurt


Makanan Untuk Diet
Photo: iStock
Menu makanan untuk diet yang pertama kita awali dengan sebuah olahan susu yang terkenal ampuh dalam menurunkan berat badan. Pasalnya, kandungan protein baik yang tinggi, serta ekstrak buah-buahan yang terdapat pada yoghurt mampu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Selain itu, enzim yang terkandung dalam yoghurt juga mampu mengikat vitamin yang ada di dalam ekstrak buah, sehingga baik dikonsumsi untuk tubuh manusia.

2. Teh hijau


Makanan Untuk Diet
Photo: iStock
Pernah melihat produk pelangsing dari olahan teh hijau? Iya, teh hijau merupakan salah satu menu makanan untuk diet yang ampuh dalam menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan, kandungan yang terdapat pada teh hijau mampu mengikat lemak yang menempel di saluran pencernaan.

Selain itu, teh hijau juga bisa membersihkan usus besar dari sisa-sisa makanan dalam tubuh. Jadi, enggak ada lagi deh yang namanya lemak menumpuk di area perut kamu.

3. Alpukat


Makanan Untuk Diet
Photo: iStock
Olahan buah alpukat merupakan salah satu makanan untuk diet yang ampuh untuk menggantikan makanan berat seperti nasi. Selain sehat, serat dan lemak baik yang terdapat pada alpukat memberi efek mengenyangkan dan ampuh sebagai penunda lapar ketika kita sedang melakukan diet.

Tapi ingat ya. Jangan tambahkan alpukat dengan susu kental manis dan makanan manis lainnya.
Bila hal tersebut kamu lakukan, maka kasiat alpukat sebagai menu makanan untuk diet malah menghilang dan membuat kamu bertambah gendut.

4. Apel


Photo:iStock
Selain alpukat, buah lain yang dirasa ampuh sebagai menu makanan untuk diet adalah apel.
Kandungan serta dan anti-oksidan tinggi yang di dalam apel memang terbilang ampuh menggantikan kalori yang dibutuhkan ketika kamu melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, apel juga bisa kamu olah dengan berbagai macam cara, mulai dari dijadikan jus, infuse water, pudding, sampai dengan salad buah. Jadi, kalau pengen nyemil ketika diet, cukup makan buah apel saja ya.

5. Beras Merah


Photo: iStock
Namanya juga orang Indonesia, kalau bukan nasi, belum makan, katanya. Jika kamu mengalami masalah yang sama dengan kebanyakan orang Indonesia, menu makanan untuk diet yang satu ini bisa kamu coba untuk mengganti konsumsi nasi putih sehari-hari. Beras merah memang terkenal memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi, serta kadar gula yang lebih rendah dibandingkan nasi putih.

Oleh sebab itu, selain ampuh digunakan sebagai menu makanan untuk diet, beras merah juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwat penyakit diabetes. Selain itu, mitosnya, konsumsi beras merah bisa menunda lapar lebih lama dari konsumsi beras putih, lho. Patut dicoba!

6. Telur


Photo: iStock
Tentu saja, telur merupakan makanan yang cocok untuk dikonsumsi ketika kamu sedang melakukan diet. Kandungan protein yang tinggi, serta lemak baik yang terkandung pada telur mampu menunda lapar, serta memberikan asupan tenaga bagi tubuh manusia.

Selain itu, telur juga bisa kamu olah dengan berbagai macam makanan lainnya. Seperti membuat avocado toast, campuran roti isi, omelet, dan lain-lain. Enggak salah dong, kalau telur masuk ke dalam menu makanan untuk diet yang sehat, enak dan murah.

7. Gandum


Photo: iStock
Banyak sekali olahan makanan terbuat dari gandum yang dijual di pasaran, mulai dari oat, roti gandum, dan quinoa. Harganya juga tidak terlalu mahal, serta mudah untuk didapatkan, karena tersedia di berbagai macam supermarket di sekitar kita.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Dia 5 Jenis Makanan yang Mengandung Kalsium

Gandum sendiri dinilai ampuh sebagai menu makanan untuk diet karena memiliki jumlah serat dan protein yang cukup tinggi. Sehingga cocok dikonsumsi untuk kamu yang tengah berusaha mengecilkan lingkar perut dengan cepat.

8. Kacang-kacangan dan umbi-umbian


http://www.shreeservices.co.in/setpackage/
Photo: iStock
Rekomendasi makanan untuk diet selanjutnya merupakan makanan dengan olahan kacang-kacangan serta umbi-umbian. Untuk kacang-kacangan sendiri, kita ambil contohnya seperti buncis. Kandungan vitamin B dan E pada buncis dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh, dan memberikan energi ketika kamu melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, buncis juga terkenal rendah kalori, serta memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain mengenyangkan, konsumsi buncis setiap hari dijamin tidak akan membuat kamu gendut. Cara mengolah buncis juga cukup mudah, kamu bisa mencampurkan buncis dengan sup, atau menjadikannya sebagai capcay dan tumis buncis.

Baca Juga: 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Jangan lupa tambahkan juga saus tiram, agar olahan buncis kamu terasa lebih sedap!
Sedangkan umbi-umbian, seperti ubi ungu terkenal memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Oleh karenanya, ubi ungu sangat cocok dijadikam menu makanan untuk diet kamu.

Bahkan, serat yang terdapat pada ubi ungu lebih tinggi daripada kentang, lho. Dalam satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 4 gram serat. Jumlah tersebut sudah melampaui 15 persen dari kebutuhan serat sehari-hari. Sementara dalam satu buah kentang ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9 persen dari nilai harian asupan serat.

Serat inilah yang kemudian dapat membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi merasa lebih cepat kenyang, sehingga mampu menjaga nafsu makan yang berlebih.

9. Jamur


Makanan Untuk Diet
Photo: iStock
Tekstur dan rasanya mirip seperti daging, membuat jamur digemari sebagai menu makanan untuk diet pengganti daging. Kandungan lemak, natrium, serta kolesterol yang rendah pada jamur memang lebih sehat dikonsumsi untuk kamu yang sedang melakukan diet. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada jamur dipercaya dapat menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat.

10. Kembang kol


Photo: iStock
Sebagian orang mungkin tidak menyukai olahan dari sayuran kembang kol. Padahal, jika diolah dengan tepat, maka kembang kol juga memiliki cita rasa yang sangat enak. Ada beberapa referensi masakan dalam mengolah kembang kol, salah satunya dijadikan sebagai salad, sup kacang merah, omelet, sampai dengan martabak kembang kol.

Selain enak dan murah, kembang kol juga mengandung anti-oksidan tinggi yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker usus.

11. Pir dan bayam


Photo: iStock
Setelah beberapa menu makanan untuk diet telah disebutkan di atas, kurang lengkap rasanya apabila kita tidak memasukkan satu lagi menu minuman untuk diet yang sehat dan murah. Perpaduan antara buah pir dan sayur bayam ini disebut sebagai green juice. Rasanya enak kok, apalagi kalau kamu campurkan dengan perasaan lemon dan madu. Duh! Enggak percaya? Coba buat sendiri deh di rumah.

Selain sehat dan enak, kandungan vitamin dan serat pada buah dan sayur ini tentu ampuh menurunkan berat badan yang berlebih. Jadi, setelah mengetahui 11 menu makanan untuk diet yang sehat dan juga murah, apakah kamu sudah lebih percaya diri dalam melakukan diet? Namun perduli diingat, asupan makanan tersebut haruslah seimbang dan sesuai dengan etika 4 sehat 5 sempurna.

Lakukan juga olahraga secara rutin, agar usaha menurunkan berat badan kamu bisa berjalan dengan sukses dan sesuai harapan. Sekian tips dari saya kali ini, selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.