Wajib Tahu! 9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Para Pecinta Petai dan Jengkol

March 20, 2019
Cara Menghilangkan Bau Mulut

Selain pilpres, cuma olahan makanan petai dan jengkol lah yang mampu memecah masyarakat Indonesia ke dalam dua kelompok. Pertama kelompok pencinta petai dan jengkol, sedang yang kedua adalah kelompok yang menolak petai dan juga jengkol.

Sebenarnya, orang-orang yang tidak menyukai petai dan jengkol bukanlah membenci bentuk fisik dari tumbuhan tersebut. Namun, bau yang ditimbulkan oleh olahan petai dan jengkol lah yang membuat orang-orang enggan untuk mengkonsumsi tumbuhan yang termasuk biji-bijian ini. Lantas, apakah ada cara menghilangkan bau mulut setelah makan petai dan jengkol? Jawabannya, ada!
Untuk kamu pecinta petai dan jengkol, nampaknya kamu harus menyimak tips berikut ini baik-baik deh.

Agar kamu terhindar dari cibiran sebagai mulut bau dan enggak perlu ngumpet-ngumpet lagi ketika ingin menikmati olahan petai dan jengkol. Penasaran cara menghilangkan bau mulut setelah makan petai dan jengkol? Berikut penjabarannya untuk kamu.

1. Gula Jawa


Cara Menghilangkan Bau Mulut
Photo: iStock
Cara menghilangkan bau mulut setelah makan petai dan jengkol yang pertama sangat gampang untuk kamu lakukan sendiri. Cukup ambil gula jawa yang terdapat di dapur rumah kamu, kemudian potong kecil seukuran permen. Kemudian kunyah gula jawa setelah kamu mengkonsumsi petai dan jengkol. Selain digunakan sebagai bahan masakan, ternyata gula jawa terbukti ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut kamu.

2. Lemon dan baking soda


Cara Menghilangkan Bau Mulut
Photo: iStock
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa baking soda merupakan cara menghilangkan bau mulut yang cukup efektif. Pasalnya, kandungan natriumbikarbonat yang terdapat pada baking soda bahkan juga terdapat pada pasta gigi, sebab dinilai ampuh membunuh kuman yang menyebabkan pada bau mulut.

Sedangkan lemon, membantu memberikan kesegaran pada aroma nafas di mulut. Cara membuat ramuan ini cukup mudah kok, kamu hanya perlu menyiapkan dua sendok air lemon dan dua sendok the baking soda. Campurkan kedua bahan tersebut dengan air dan gunakan air tersebut sebagai obat kumur selama 30 detik dan ludahkan kembali.

3. Mentimun


Photo: iStock
Kandungan air yang banyak terdapat pada mentimun membantu menyegarkan mulut setelah memakan petai dan jengkol. Sifatnya mirip dengan cara menghilangkan bau mulut dengan meminum air putih. Caranya cukup mudah, iris sepotong mentimun dan masukkan ke dalam mulut. Tahan selama sekitar tiga puluh detik di dalam rongga mulut kamu.

Baca Juga: Banyak Penyebabnya, Ini 9 Cara Menghilangkan Mata Panda

Sifat anti-bakteri yang kuat dari mentimun akan membunuh bakteri penyebab bau mulut, serta membantu menyegarkan nafas sehabis mengkonsumsi petai dan jengkol. Jika kamu suka mentimun, selain mendiamkan irisan mentimun tersebut di dalam mulut, kamu juga bisa mengkonsumsi langsung mentimun tersebut. Namun, jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu mentimun tersebut sampai bersih ya.

4. Permen karet


Cara Menghilangkan Bau Mulut
Photo: iStock
Tentu saja, mengunyah permen karet termasuk ke dalam cara menghilangkan bau mulut setelah makan petai dan jengkol. Pemakain permen karet mint sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah ini. Pasalnya, kandungan mint yang terdapat pada permen karet dapat menyegarkan bau nafas yang tidak sedap.

Baca Juga: Banyak Penyebabnya, Ini 9 Cara Menghilangkan Mata Panda

Pilihlah permen karet yang mengandung xylitol yang bisa menyegarkan napas. Namun, hindari permen karet yang mengandung gula yang tinggi, agar tidak memicu tumbuhnya bakteri yang justru dapat membuat aroma mulut menjadi lebih tidak segar. Selain berfungsi menyegarkan mulut, mengunyah permen karet sekaligus sebagai pencuci mulut, yang dapat menghilangkan sisa-sisa makanan pada rongga mulut kita.

5. Beras


Photo: iStock
Enggak percaya kalau beras bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bau mulut?
Yang perlu kamu lakukan hanya mengambil segenggam beras atau seukuran 2-3 sendok makan, kemudian kunyah sampai halus. Namun, kamu engga perlu menelan beras tersebut ya.

Setelah aroma nafas kamu terasa lebih segar, maka buang kembali beras tersebut. Selain mengunyah beras, ternyata rendaman air beras juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau mulut, lho.

Caranya lakukan kumur-kumur selama beberapa detik dengan menggunakan air beras, dan lakukan secara berulang-ulang sampai bau mulut kamu hilang. Akan tetapi, jangan gunakan air cucian beras yang pertama ya, gunakan air cucian yang kedua. Karena pada bilasan pertama biasanya terdapat sedikit kotoran yang menempel pada beras.

6. Garam


Cara Menghilangkan Bau Mulut
Photo: iStock
Apabila dengan mengunyah beras aroma nafas kamu belum terasa lebih segar, maka coba acara menghilangkan bau mulut dengan mengunyah garam. Meski akan terasa sedikit asin, namun dengan mengunyah garam di dalam mulut, aroma tidak sedap nafas kamu akan terasa lebih segar.

Namun, saya tidaka menganjurkan cara ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, Air garam adalah basa alami yang dapat merusak gigi. Selain dengan cara mengunyah, kamu juga bisa mencampurkan dalam ke dalam air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur.

Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini dianggap ampuh. Sebab, Larutan garam jenuh membunuh bakteri dengan mengubah lingkungan mulut menjadi tidak kondusif untuk pertubuhan bakteri.

7. Kopi


Photo: iStock
Siapa yang sampai saat ini masih berpikir, bahwa kopi salah satu penyebab dari bau mulut?
Sebuah penelitian dari Tel Aviv University pada tahun 2009 menyebutkan, ternyata kandungan yang terdapat pada kopi justru dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu bau mulut pada seseorang.

Baca Juga: 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Cara menghilangkan bau mulut menggunakan kopi cukup mudah, sama saja seperti ketika kamu ingin menyeduh segelas kopi, namun kali ini tanpa menggunakan gula.
Sebab, kandungan manis yang terdapat pada gula justru dapat memicu timbulnya bakteri yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

8. Susu


Photo: iStock
Siapa yang baru mengetahui kalau susu bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut? Hehe. Iya, aroma bau yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi petai dan jengkol ternyata juga bisa diatasi dengan meminum segelas susu.

Hal ini disebabkan, senyawa allyl sulfida metil yang terdapat pada susu memiliki sifat yang dapat menetralkan sesuatu, termasuk bau mulut. Maka jangan kaget apabila kamu dilarang untuk meminum segelas susu ketika sedang mengkonsumsi obat, karena kandungan yang terdapat pada obat tersebut bisa menjadi netral setelah bercampur dengan susu.

9. Teh hijau


Photo: iStock
Selain berfungsi untuk menurunkan berat badan, ternyata teh hijau juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut, lho. Enggak percaya? Kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau terbukti ampuh mencegah dan mengatasi risiko peradangan gigi dan gusi yang menjadi penyebab utama aroma mulut tidak sedap.

Maka dari itu, dengan rutin minum teh hijau setiap pagi, akan membantu gigi dan gusi terbebas dari plak, serta melenyapkan bau mulut selamanya. Nah, sekarang kamu udah tau kan bagaimana cara menghilangkan bau mulut setelah makan petai dan jengkol? Sekarang kamu enggak perlu khawatir lagi deh buat makan makanan tersebut di muka umum.

Semoga info yang saya berikan kali ini bermanfaat, terutama untuk kalian para pecinta petai dan jengkol.

Selamat mencoba!

No comments:

Powered by Blogger.